• Breaking News

    Selasa, 21 November 2017

    Berjalan diatas Sunnah

    Berjalan diatas Sunnah
    Oleh : Riyadi S Harun
              
    Defisini sunnah dalam buku Dirasatul Firaq karya Tim Ulin Nuha Ma’had Aly An-Nur dijelaskan, bahwasanya kata As-Sunnah yang mempunyai bentuk jamak yaitu As-Sunan memiliki arti sejarah (perjalanan hidup) dan jalan (metode) yang ditempuh. Di sini rujukan sunnah  yang kita gunakan sebagai umat islam adalah metodenya baginda Rasululah Muhammad SAW. Sebagai contoh dikatakan, “puasa hari senin dan kamis itu adalah sunnah, artinya kedua kegiatan tersebut adalah bagian dari jalan atau metode yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad Sallallahu’alaihiwasallam dimasa hidupnya dan itu dianjurkan untuk kita lakukan sebagai umatnya”.
    Yang perlu kita ketahui, setiap sunnah yang dianjurkan kepada kita pasti akan memberi manfaat walaupun manfaat tersebut belum bisa dibuktikan dengan logika. Begitu juga dengan larangannya. Sebagai contoh, ketika Nabi Muhammad Sallallahu’alaihiwasallam melarang umat islam berzina (berhubungan intim tanpa ikatan pernikahan yang sah), -orang berzina pasti akan gonta-ganti pasangan dalam berhubungan- apakah beliau sudah mengetahui efek dari zina tersebut khususnya yang menyangkut kesehatan si penzina? Dan sekarang baru terbukti bahwa zina merupakan penyebab terbesar dari penyakit HIV/AIDS.
    Di segala aspek kehidupan, metode Rasulullah Sallallahu’alaihiwasallam dan para sahabat adalah yang paling sempurna. Seberapa besar kemampuan kita untuk bisa hidup selayaknya kehidupan mereka, itu yang masih menjadi tanda tanya besar untuk kita. Namun, sebagai umat yang selalu merindukan pertemuan dengan pemimpinnya bahkan penciptanya cobalah untuk mengingatnya dengan cara hidup sebagaimana yang baginda Sallallahu’alaihiwasallam contohkan. Berusahalah untuk meneladani kehidupannya dengan mempraktekkan hidup ala Rasulullah, karena jangan pernah menganggap diri Anda seorang supporter klub sepak bola dunia terkenal kalau Anda tidak memiliki atribut klubnya bahkan lebih parah lagi Anda sama sekali tidak mengenal pemainnya satu orang pun.


    Posting Komentar