Langsung ke konten utama

JIHAD WITHOUT THE GUN


JIHAD WITHOUT THE GUN
Oleh : Agus mujib
( Mahasiswa tahun 2 Kulliyah )

Kata jihad memang tidak asing lagi di telinga kita terutama bagi orang islam karena hal ini merupakan perintah Allah untuk membela agama islam. Jihad sendiri berasal dari kata جهد  yang artinya bersungguh-sungguh atau berusaha. Secara istilah khusus jihad bermakna “ perang melawan kaum kafir atau musuh-musuh islam”. makna istilahi  inilah yang acapkali terkadang membuat fobia bagi yang mendengarnya. So, janganlah terlalu risau dengan hal itu karena jihad sendiri dalam islam tidaklah semua berkaitan dengan perang yang berbekal senjata, tank-tank tempur yang besar ataupun pesawat tempur yang bisa meluluhlantahkan bangunan-bangunan menjulang tinggi yang menjadi sasarannya.

Tentunya jihad tidak semua identik dengan membunuh seseorang ataupun kelompok yang sebenarnya islam sendiri bukanlah dilahirkan untuk itu semua dan walaupun ada perintah tersebut itupun setelah mendapati keadaan yang sangat emergency dan tak bisa ditoleransi. Allah berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 190 yang artinya : “ Dan perangilah dijalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, tetapi janganlah kamu melampau batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampau batas”. Maka dari itu jihad bisa dilakukan siapa saja kapan saja dan  dimana saja dan dengan syarat harus dilandasi niat untuk mengharap ridho dari Allah SWT semata.

Selain jenis jihad dengan memegang senjata dan berperang melawan musuh di medan perang. Masih banyak lagi jenis jihad yang perlu kita tegakkan dalam kehidupan kita demi membela panji-panji islam. Rasulullah bersabda :
وعن أنس رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : جاهدوا المشركين بأموالكم وأنفسكم وألسنتكم. (رواه أحمد والنسائي وصححه الحاكم)ٍ
Artinya : “dari Anas bahwa nabi Shallahu Alaihi Wasallam bersabda : Berjihadlah melawan kaum musyrikin dengan hartamu, jiwamu dan lidahmu. “ (Riwayat Ahmad dan Nasa’i. Hadits sahih menurut Hakim).

Bagi yang mempunyai harta lebih bahkan melimpah maka berjihadlah dengan harta yang dimiliki sebagaimana Ustman bin Affan dan Abdurrahman bin Auf keduanya seorang businessman yang sukses di zamannya dan tidak ragu untuk merogoh kocek sebesar apapun besarnya demi lancarnya dakwah islam. Karena sejatinya mereka sangatlah yakin bahwa harta hanyalah milik Allah dan takkan menjadi miskin lantaran di gunakan dijalan Allah.

Bagi para pemikir maka berfikirlah bagaimana caranya agar umat ini tetap jaya dan kokoh ditengah hantaman-hantaman fitnah yang terjadi dewasa ini. Islam ini menjadi phobia dikalangan Benua biru dan negeri paman Sam. Musuh islam siang dan malam berfikir bagaimana caranya umat islam terpecah belah dan kekuatannya melemah laksana kura-kura yang tengkurap tak berdaya.

Bagi para pejabat berjihadlah dengan membela kepentingan-kepentingan umat islam dengan kekuasaanmu buatlah kebijakan-kebijakan demi tegaknya islam dan kesejahteraan masyarakatnya janganlah memanfaatkan kekuasaan itu demi kepentingan semata dan hanya akan menindas saudaramu sendiri. Pribadi Amanah itu modal utama dan kejujuran harus selalu dibawa.

Bagi para ulama ,Dai, Orator aktivis Islam serukanlah syiar-syiar islam yang membawa kedamaian, gerakkan kawula muda yang dilanda krisis percaya diri, dekadensi moral, jadikanlah mereka para pecinta masjid bukan bioskop dengan segudang film-filmnya. Seruan suara-suara Islam bahwa Islam itu damai dan indah, Islam itu suatu kebanggaan dan nikmat tiada tara.

Berjihadlah dengan apa yang kamu miliki, gali potensimu dan kembangkan niscaya akan bermanfaat bagi umat karena خير الناس أنفعهم للناس , tidak mesti dengan menenteng senjata api dan semacamnya karena masih banyak lagi yang dapat kita lakukan untuk agama ini, umat ini. Without the gun kita masih bisa berjihad dan janganlah khawatir karena Allah bersama kita seiring dengan firmannya :
والذين جاهدوا فينا لنهدينهم سبلنا وإن الله لمع المحسنين (العنكبوت : 69)
Artinya : “dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhoan) kami, benar-benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang baik”.

Berjihadlah dengan segenap kemampuan dan keahlian yang kamu miliki dan senantiasa mengharap keridhoanNYA. Wallahu a’lam bishawabb.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDAFTARAN | Program Beasiswa Islamic Call College, Libya | S1, S2, S3 | 2023

Assalamualaikum sobat Penutut Ilmu, gimana Kabarnya kalian, Semoga Selalu dalam Keadaan Sehat wal 'afiat dan Selalu Dalam Lindungan Allah Subhanahu wa Ta'ala Amin ya rabb Al- amin.  Alhamdulillah segala puji bagi Allah, setelah menunggu kurang lebih 3 - 6 Bulan Akhirnya atas izin Allah SWT. Pendaftaran Program Beasiswa Islamic Call College, Libya  resmi dibuka. Nah, bagi sobat Penutut Ilmu yang berminat untuk Melanjutkan Studi S1, S2, S3-nya di Negara yang dijuluki seribu Huffadz ini, bisa nih untuk Mendaftar kan diri. Berikut  Syarat - syarat yang harus dipenuhi  : PROGRAM SARJANA S1 PERSYARATAN  1. Sehat Jasmani dan Rohani 2. Usia 17 sampai 23 Tahun. 3. Melampirkan Berkas- berkas Yang Dibutuhkan 4. Dinyatakan lulus tes Penerimaan   5. Telah Lulus dari Jenjang SMA\SEDERAJAT Dengan nilai Minimal JAYYID JIDDAN  6. Mengisi formulir pendaftaran 7. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan umum 1 April 2023  6. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan agama Islam 20 April 2023  BE

Materi Marhala Dasar, Belajar Bahasa Arab KKMI Libya Via WhatsApp

الكَلَأمُ (    Al-kalam ) A.     تَعْرِيْفُ الكَلَامِ   ( Pengertian Kalam )             الكَلَام ( Kalam ) berasal dari Bahasa Arab, yaitu كَلَّمَ - يُكَلِّمُ   yang artinya berbicara. Sedangkan, kata الكَلَام artinya perkataan atau pembicaraan. Definisi Kalam menurut Ahli Nahwu النَحْوُ     adalah : الكَلاَمُ هُوَ اللَّفْـــظُ المُرَكَبُ المُفِيْدُ بِالوَضْـعِ Kalam adalah suatu perkataan yang tersusun yang memberikan faedah atau makna yang lengkap. Jadi, Kalam dalam Bahasa Arab   memiliki 4 syarat, yaitu : 1-       اللّفْظُ ( Al-lafzu ) yaitu suara ucapan kalimat atau perkataan. Contohnya : المَسْجِدُ   ( Masjid ) كِتَابُ   ( Kitab ) كُرَّاسَةٌ ( Buku tulis ) قَلَمٌ   ( Pena ) dan lain sebagainya. 2-       الْمُرَكَبُ ( Al-Murakabu ) yaitu yang tersusun, kalam yang kita ucapkan mesti tersusun dari dua kata atau tiga kata atau lebih dari itu. Contohnya : ذَهَبَ مُحَمَّدٌ إِلى المَدْرَسَة   ( Muhammad pergi ke sekolah ) مُحَمَّدٌ قَائِمٌ   ( Muhamma

ENGLISH LOOP : 10 SLANG MILENIAL POPULER

  Oleh Immas Redeon Sabtu, 05 september 2020   Sejarah singkat bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa Jermanik yang berkembang pada abad pertengahan. English sendiri berasal dari epinom  Angle , suku yang mendiami wilayah Anglen, Jerman utara. Pada awalnya, bahasa Inggris berkembang di kerajaaan Anglo-Saxon Britania, lalu mendapat pengaruh dari bahasa Norse Kuno setelah penaklukan Viking pada abad 10.  Penaklukan Normandia terhadap Inggris pada abad 11 menyebabkan bahasa Inggris juga mendapat sedikit pengaruh dari bahasa Prancis (Norman). Pada abad 15, Bahasa Latin juga ikut berperan mempengaruhi perkembangan bahasa Inggris. Perpaduan dari berbagai bahasa ini menyebabkan dialek bahasa Inggris sangat beragam bentuknya. Mulai dari ejaan, penulisan, bahkan istilah (idiom). Di era modern ini, secara umum ada dua jenis bahasa Inggris yang dijadikan acuan internasional, yakni English America (bahasa Inggris Amerika) dn English British(bahasa Inggris Britania). Bahasa Inggris adalah bah