Langsung ke konten utama

Mengoptimalkan fungsi Do’a



Mengoptimalkan fungsi Do’a

Oleh : Riyadi S Harun


            Secara etimologi, kata Do’a berasal dari Bahasa Arab ( دعا – يدعو – دُعاءً و دَعْوَةً ) yang dalam kamus Al-Munawwir berarti meminta atau memohon. Permohonan atau permintaan yang dimaksud disini tidak lain merupakan sebuah permintaan yang berasal dari seorang hamba kepada tuhannya dan disini tidak menjadi suatu kewajiban bagi Allah untuk mengabulkannya. Sedangkan permintaan yang berasal dari tuhan kepada hambanya disebut dengan  الأَمْرُ(perintah). Sebagai makhluk, kita wajib menjalankan setiap perintah-Nya, dalam sebuah kaidah disebutkan الأصل في الأمر للوجوب (menurut asalnya, perintah itu adalah untuk mewajibkan). Adapun permintaan atau permohonan sesama makhluk disebut juga dengan iltimas. Dengan kata lain, Do’a berarti permohonan atau permintaan dari derajat yang rendah (Manusia) kepada derajat yang tinggi (Allah), Amru (perintah) adalah permintaan dari derajat yang tinggi kepada yang rendah dan iltimas adalah permintaan sesama makhluk (sama derajat).

            Dalam tulisan ini, penulis ingin mengajak rekan-rekan sekalian agar lebih mengoptimalkan fungsi daripada do’a, bukankah dalam surat Al-Baqarah ayah 186 Allah SWT telah berfirman :
وإذا سألك عبادى عنّى فإنى قريب أجيب دعوة الداع إذا دعان فليستجيبوالى وليؤمنوابى لعلهم يرشدون (186)
            Artinya : “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka(jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia berdo’a kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam keenaran”. (186)

            Dalam ayat tersebut, Allah berfirman yang bahwasanya Allah akan mengabulkan permohonan orang-orang yang memohon kepada-Nya dengan syarat kita telah memenuhi perintah-Nya dan senantiasa beriman kepada-Nya. Walau bagaimanapun, Allah lebih mengetahui tentang kita daripada kita sendiri begitu juga dengan hajat kita, sehingga kita dituntut untuk bersabar dalam menunggu terkabulnya do’a karena bisa saja Allah akan mengabulkan do’a kita setelah beberapa saat atau Allah akan menunda permintaan kita pada waktu yang telah Beliau tentukan atau bahkan Allah akan memberikan apa yang kita inginkan tersebut nanti disaat kehidupan dunia sudah kita tinggalkan. 

Hal yang terpenting dalam berdo’a adalah memiliki keyakinan akan apa yang kita doakan. Keyakinan inilah yang terkadang sering kita nomorduakan sehingga kita masih ragu kepada apa yang kita do’akan atau yang lebih parahnya lagi kita ragu untuk berdo’a. 

Dalam kitab ad-Du’a wal ‘Ilaj Minal Kitab wa Sunnah karya Sa’id bin ‘Ali bin Wahf Al-Qahthaniy menyebutkan beberapa adab agar do’a terkabul, diantaranya:
1.      Memurnikan niat untuk Allah (Ikhlas liAllah ta’ala).
2.      Diawali dengan pujian dan sanjungan kepada Allah SWT, kemudian shalawat kepada nabi SAW. Demikian pula disaat mengakhiri do’a.
3.      Mantap dalam berdo’a dan yakin akan terkabulnya.
4.      Memohon dengan penuh kerendahan dan tidak tergesa-gesa.
5.      Hati benar-benar hadir.
6.      Tetap berdo’a, baik dalam keadaan senang maupun dalam keadaan kesulitan.
7.      Tidak memohon kecuali hanya kepada Allah.
8.      Tidak memohon keburukan atas keluarga, harta, anak maupun diri sendiri.
9.      Melembutkan suara dalam berdo’a, antara perasaan takut dan suara keras.
10.  Mengakui dosa-dosa yang telah diperbuat dan meohon ampunan serta mengakui atas segala kenikmatan dan mensyukurinya.
11.  Tidak mereka-reka rangkaian kata dan bersajak dalam memanjatkan do’a.
12.  Penuh ketundukan, kekhusyukan, pengharapan serta kecemasan.
13.  Membuang segala kezhaliman, disertai dengan taubat.
14.  Diulang-ulang sebanyak tiga kali.
15.  Menghadap kiblat.
16.  Mengangkat kedua tangan.
17.  Apabila tidak ada kesulitan, sebaiknya berwudhu sebelum berdo’a.
18.  Dalam do’a tidak ada unsur permusuhan.
19.  Apabila berdo’a untuk orang lain, hendaknya dimulai dulu untuk dirinya sendiri.
20.  Hendaknya bertawassul (menggunakan perantara) kepada Allah dengan nama-nama dan sifat-sifat-Nya Yang Mulia, dengan amal sholeh yang telah dia kerjakan maupun dengan mendo’akan orang sholeh yang masih hidup dan yang semasa dengannya.
21.  Hendaknya segala yang dimakan, diminum maupun yang digunakan merupakan barang yang halal.
22.  Tidak berdo’a dengan dosa maupun memutuskan tali silaturahim.
23.  Hendaknya menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah yang mungkar.
24.  Menjauhi segala bentuk kemaksiatan.

Sebagai hamba, tidak selayaknya kita berprasangka buruk kepada Allah hanya karena Allah belum menjawab do’a-do’a kita. Mungkin Allah sedang menguji kesabaran kita atau kita sedang mengikuti ujian kenaikan iman. Oleh karena itu, bersabarlah! Karena akhir dari sebuah kesabaran pasti ada kenikmatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDAFTARAN | Program Beasiswa Islamic Call College, Libya | S1, S2, S3 | 2023

Assalamualaikum sobat Penutut Ilmu, gimana Kabarnya kalian, Semoga Selalu dalam Keadaan Sehat wal 'afiat dan Selalu Dalam Lindungan Allah Subhanahu wa Ta'ala Amin ya rabb Al- amin.  Alhamdulillah segala puji bagi Allah, setelah menunggu kurang lebih 3 - 6 Bulan Akhirnya atas izin Allah SWT. Pendaftaran Program Beasiswa Islamic Call College, Libya  resmi dibuka. Nah, bagi sobat Penutut Ilmu yang berminat untuk Melanjutkan Studi S1, S2, S3-nya di Negara yang dijuluki seribu Huffadz ini, bisa nih untuk Mendaftar kan diri. Berikut  Syarat - syarat yang harus dipenuhi  : PROGRAM SARJANA S1 PERSYARATAN  1. Sehat Jasmani dan Rohani 2. Usia 17 sampai 23 Tahun. 3. Melampirkan Berkas- berkas Yang Dibutuhkan 4. Dinyatakan lulus tes Penerimaan   5. Telah Lulus dari Jenjang SMA\SEDERAJAT Dengan nilai Minimal JAYYID JIDDAN  6. Mengisi formulir pendaftaran 7. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan umum 1 April 2023  6. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan agama Islam 20 April 2023  BE

Materi Marhala Dasar, Belajar Bahasa Arab KKMI Libya Via WhatsApp

الكَلَأمُ (    Al-kalam ) A.     تَعْرِيْفُ الكَلَامِ   ( Pengertian Kalam )             الكَلَام ( Kalam ) berasal dari Bahasa Arab, yaitu كَلَّمَ - يُكَلِّمُ   yang artinya berbicara. Sedangkan, kata الكَلَام artinya perkataan atau pembicaraan. Definisi Kalam menurut Ahli Nahwu النَحْوُ     adalah : الكَلاَمُ هُوَ اللَّفْـــظُ المُرَكَبُ المُفِيْدُ بِالوَضْـعِ Kalam adalah suatu perkataan yang tersusun yang memberikan faedah atau makna yang lengkap. Jadi, Kalam dalam Bahasa Arab   memiliki 4 syarat, yaitu : 1-       اللّفْظُ ( Al-lafzu ) yaitu suara ucapan kalimat atau perkataan. Contohnya : المَسْجِدُ   ( Masjid ) كِتَابُ   ( Kitab ) كُرَّاسَةٌ ( Buku tulis ) قَلَمٌ   ( Pena ) dan lain sebagainya. 2-       الْمُرَكَبُ ( Al-Murakabu ) yaitu yang tersusun, kalam yang kita ucapkan mesti tersusun dari dua kata atau tiga kata atau lebih dari itu. Contohnya : ذَهَبَ مُحَمَّدٌ إِلى المَدْرَسَة   ( Muhammad pergi ke sekolah ) مُحَمَّدٌ قَائِمٌ   ( Muhamma

ENGLISH LOOP : 10 SLANG MILENIAL POPULER

  Oleh Immas Redeon Sabtu, 05 september 2020   Sejarah singkat bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa Jermanik yang berkembang pada abad pertengahan. English sendiri berasal dari epinom  Angle , suku yang mendiami wilayah Anglen, Jerman utara. Pada awalnya, bahasa Inggris berkembang di kerajaaan Anglo-Saxon Britania, lalu mendapat pengaruh dari bahasa Norse Kuno setelah penaklukan Viking pada abad 10.  Penaklukan Normandia terhadap Inggris pada abad 11 menyebabkan bahasa Inggris juga mendapat sedikit pengaruh dari bahasa Prancis (Norman). Pada abad 15, Bahasa Latin juga ikut berperan mempengaruhi perkembangan bahasa Inggris. Perpaduan dari berbagai bahasa ini menyebabkan dialek bahasa Inggris sangat beragam bentuknya. Mulai dari ejaan, penulisan, bahkan istilah (idiom). Di era modern ini, secara umum ada dua jenis bahasa Inggris yang dijadikan acuan internasional, yakni English America (bahasa Inggris Amerika) dn English British(bahasa Inggris Britania). Bahasa Inggris adalah bah