Langsung ke konten utama

Musim Dingin



Musim Dingin

Musim dingin merupakan bahagian berbeda yang di rasakan oleh mahasiswa Indonesia di luar negeri. Banyak cerita tentang musim dingin termasuk dari kami, mahasiswa Indonesia di Afrika Utara, Libya tepatnya. Pengalaman pelajar Indonesia di Libya ketika musim dingin tiba.
Kebiasaan apa yang di lakukan pelajar Indonesia ketika musim dingin tiba?

Berbagai macam kebiasaan yang di lakukan oleh mahasiswa Indonesia di Libya, menurut Hafis Mustofa yang merupakan mahasiswa di Kuliayah Dakwah Islamiyah, tahun 3 fakultas adab jurusan sastra arab mengatakan, kebiasaan yang sering dilakukannya adalah belajar sambil menghangatkan diri, selain itu berhubung pada musim dingin malam lebih panjang dari pada siang, maka pada malam hari di manfaatkannya untuk belajar private dengan senior-senior magister di kampus ini. Bagi dia musim dingin ini menambah semangat untuk membaca, berbeda halnya dengan musim panas yang sulit untuk focus karena gerah kepanasan.
Beda halnya dengan Hanif Maasyi Rahman, mahasiswa di kampus yang sama tahun 2 kuliyah menurut dia justru sebaliknya, musim dingin itu enaknya tidur dalam selimut di temani penghangat ruangan ataupun Sambil ‘ngeteh’  dan baca-baca buku di kamar.

Apakah musim dingin di Libya mengganggu aktifitas kuliah?

Bagi sebahagian mahasiswa Indonesia disini musim dingin mengganggu aktifitas belajar, Hanif misalnya, musim dingin rentan dengan penyakit sehingga sulit untuk belajar, selain itu menyesuaikan diri dengan cuaca yang sangat dingin juga sulit, katanya.

Bagi sebahagian yang lain musim dingin justru menambah semangat belajar, kata Chairul Amin Mubaarak mahasiswa yang sekelas dengan Hanif, musim dingin ini menambah semangat belajar karena dia suka suasananya.

Apa yang kalian lakukan ketika daya tahan tubuh melemah karena pengaruh cuaca?

Pertama kali yang kita lakukan tentunya adalah berobat. Perlunya memakai pakaian tebal, sarung tangan dan kaus kaki.  Menurut ketua KKMI Libya, Jamaludin Alafgani yang biasanya di lakukan ketika daya tahan tubuh melemah adalah berolahraga dan minum minuman hangat. Musim dingin di Libya tahun ini berbeda dengan tahun lalu, dinginnya tidak terlalu menusuk ketulang, tapi bagaimanapun tentunya kita harus tetap menjaga daya tahan tubuh, tuturnya.

Apa pendapat kalian tentang alam Indonesia dan manakah suasana lingkungan yang lebih baik di banndingkan dengan Negara tempat kalian belajar?

            Menurut Riyadi S. Harun, sekretaris KKMI Libya, alam Indonesia itu lebih baik, dengan kondisi cuaca yang stabil dan selalu enak untuk dinikmati, tapi walaupun demikian pergantian musim dinegara ini juga punya keasyikan tersendiri, karena sebelumnya kita tidak pernah pakai pakaian tebal ketika musim dingin tiba, menikmati liburan musim panas dan melihat keindahan bunga-bunga ketika musim semi. Diantara keduanya mempunyai warna masing-masing, tambahnya.

Laporan, Alvan Satria Shidiq

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDAFTARAN | Program Beasiswa Islamic Call College, Libya | S1, S2, S3 | 2023

Assalamualaikum sobat Penutut Ilmu, gimana Kabarnya kalian, Semoga Selalu dalam Keadaan Sehat wal 'afiat dan Selalu Dalam Lindungan Allah Subhanahu wa Ta'ala Amin ya rabb Al- amin.  Alhamdulillah segala puji bagi Allah, setelah menunggu kurang lebih 3 - 6 Bulan Akhirnya atas izin Allah SWT. Pendaftaran Program Beasiswa Islamic Call College, Libya  resmi dibuka. Nah, bagi sobat Penutut Ilmu yang berminat untuk Melanjutkan Studi S1, S2, S3-nya di Negara yang dijuluki seribu Huffadz ini, bisa nih untuk Mendaftar kan diri. Berikut  Syarat - syarat yang harus dipenuhi  : PROGRAM SARJANA S1 PERSYARATAN  1. Sehat Jasmani dan Rohani 2. Usia 17 sampai 23 Tahun. 3. Melampirkan Berkas- berkas Yang Dibutuhkan 4. Dinyatakan lulus tes Penerimaan   5. Telah Lulus dari Jenjang SMA\SEDERAJAT Dengan nilai Minimal JAYYID JIDDAN  6. Mengisi formulir pendaftaran 7. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan umum 1 April 2023  6. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan agama Islam 20 April 2023  BE

Materi Marhala Dasar, Belajar Bahasa Arab KKMI Libya Via WhatsApp

الكَلَأمُ (    Al-kalam ) A.     تَعْرِيْفُ الكَلَامِ   ( Pengertian Kalam )             الكَلَام ( Kalam ) berasal dari Bahasa Arab, yaitu كَلَّمَ - يُكَلِّمُ   yang artinya berbicara. Sedangkan, kata الكَلَام artinya perkataan atau pembicaraan. Definisi Kalam menurut Ahli Nahwu النَحْوُ     adalah : الكَلاَمُ هُوَ اللَّفْـــظُ المُرَكَبُ المُفِيْدُ بِالوَضْـعِ Kalam adalah suatu perkataan yang tersusun yang memberikan faedah atau makna yang lengkap. Jadi, Kalam dalam Bahasa Arab   memiliki 4 syarat, yaitu : 1-       اللّفْظُ ( Al-lafzu ) yaitu suara ucapan kalimat atau perkataan. Contohnya : المَسْجِدُ   ( Masjid ) كِتَابُ   ( Kitab ) كُرَّاسَةٌ ( Buku tulis ) قَلَمٌ   ( Pena ) dan lain sebagainya. 2-       الْمُرَكَبُ ( Al-Murakabu ) yaitu yang tersusun, kalam yang kita ucapkan mesti tersusun dari dua kata atau tiga kata atau lebih dari itu. Contohnya : ذَهَبَ مُحَمَّدٌ إِلى المَدْرَسَة   ( Muhammad pergi ke sekolah ) مُحَمَّدٌ قَائِمٌ   ( Muhamma

𝐏𝐞𝐧𝐝𝐚𝐟𝐭𝐚𝐫𝐚𝐧 𝐈𝐧𝐭𝐞𝐫𝐧𝐚𝐭𝐢𝐨𝐧𝐚𝐥 𝐈𝐬𝐥𝐚𝐦𝐢𝐜 𝐂𝐚𝐥𝐥 𝐂𝐨𝐥𝐥𝐞𝐠𝐞 𝐋𝐢𝐛𝐲𝐚 𝐓𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐝𝐢𝐛𝐮𝐤𝐚 !

Bismillahirrahmanirrah Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatu Program Beasiswa Kampus Kuliah Dakwah Islamiyah di Tripoli Libya membuka penerimaan mahasiswa/i baru bagi para pelajar yang berkeinginan untuk melanjutkan studinya di jenjang perkuliahan S1 untuk tahun ajaran 2022-2023 Fakultas yang tersedia 1. Fakultas Dirosat Islamiyah - Jurusan Syari'ah Islamiyah - Jurusan Dakwah dan Peradaban 2. Fakultas Bahasa - Jurusan Sastra Arab 3. Fakultas Ilmu Umum - Jurusan Akutansi dan Perbankan - Jurusan Ekonomi - Jurusan Teknik Informatika - Jurusan Komputer *Diwajibkan kepada pendaftar beasiswa ini untuk membaca terlebih dahulu handbook pendaftaran dari kampus https://drive.google.com/drive/folders/1ptIhPfDHGfDPPZxRLunzMIRF79qGK5 Syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi pendaftar 1. Calon Mahasiswa/i memiliki ijazah SMA atau sederajat dengan hasil minimal -Sangat Baik- (جيد جدا) (rata-rata minimal 75) 2. Calon Mahasiswa/i memiliki Paspor minimal masih berlaku untuk 4 tahun kedepan 3. Um