• Breaking News

    Jumat, 28 Desember 2018

    selayang Pandang Tentang KKMI Libya





    1.      Nama lengkap PPI
               Kesatuan Keluarga Mahasiswa Indonesia (KKMI) Libya
    2.      Jumlah pelajar/ Mahasiswa ( s1/s2/s3)
    Perguruan Tinggi di Libya yang menjadi tujuan belajar mahasiswa Indonesia sampai saat ini adalah Kuliyah Dakwah Islamiyah yang terletak di Ibukota Libya, yaitu Tripoli. Adapun jumlah mahasiswa Indonesia yang ada saat ini adalah 27 mahasiswa dan 4 Mahasiswi, dengan rincian berdasarkan strata pendidikan 1 orang sedang menempuh pendidikan Strata-2 (S2), 13 orang pada tingkat Strata-1 (S1) dan 17 orang masih dalam tahap kelas persiapan bahasa (Mahad I’dadi).

    3.      Sejarah singkat PPI Negara
    Bermodalkan sebuah tekad kuat dan keyakinaan atas kekuasaan Allah SWT mahasiswa Indonesia di Libya memulai kiprah mereka dalam organisasi akademis yang mereka beri nama Persatuan Pelajar Indonesia di Libya (PPI-Libya). Akan tetapi, pada tanggal 2 Rabi’ul Awal 1418 H bertepatan dengan hari Senin 7 Juli 1997 M berubah nama menjadi KKMI. Tujuan didirikannya organisasi ini selain untuk mewadahi seluruh dinamika mahasiswa, juga menjadi pelindung bagi mahasiswa Indonesia. Disamping organisasi ini juga menjadi jalur penghubung antara mahasiswa Indonesia dengan dunia luar, dimana kontak-kontak dengan berbagai lembaga dan organisasi kemahasiswaan diadakan melalui organisasi ini.
    Organisasi ini terus dikenal dengan nama KKMI (Kesatuan Keluarga Mahasiswa Indonesia) Karena eksistensi KKMI sebagai lembaga kekeluargaan Mahasiswa Indonesia Libya yang mencerminkan keuniversalan Islam dan Bhineka Tunggal Ika. Hal ini diindikasikan dengan keberagaman anggota KKMI itu sendiri, baik dari sisi daerah, suku, budaya, latar belakang pendidikan sampai ormas Islam Indonesia yang merekomendasikan anggota KKMI untuk melanjutkan pendidikan di Libya yang cukup beragam.
    Struktur Kepengurusan KKMI terdiri dari:
    A.      MPA (Majelis Permusyawaratan Anggota)
    B.       DPI (Dewan Pengurus Inti)
    Secara sederhana, MPA adalah perwakilan mahasiswa dengan susunan : Ketua, Sekretaris, Bendahara. Sedangkan, Dewan Pengurus Inti (DPI) adalah badan eksekutif yang berperan secara aktif dalam mengambil segala keputusan dan kebijakan organisasi ini.
    KKMI mengalami pergantian pengurus setiap satu tahun sekali sesuai dengan aturan yang termaktub dalam AD/ART KKMI. Jumlah anggota yang terus bertambah serta semakin kompleksnya persoalan yang dihadapi, maka di tubuh DPI-KKMI terdapat 8 departemen yaitu:
    1)     Departemen Pendidikan
    2)     Departemen Hubungan Masyarakat
    3)     Departemen Olahraga
    4)     Departemen Kesenian
    5)     Departemen Jurnalistik dan Informasi
    6)     Departemen Dana Usaha dan Kesejahteraan
    7)     Departemen  Perpustakan
    8)     Departemen Kesehatan dan Kebersihan
    Kinerja Dewan Pengurus Inti (DPI) KKMI dikawal secara langsung oleh MPA yang sebagai perwakilan mahasiswa dalam menyuarakan suaranya. DPI melaporkan semua aktifitas organisasinya setiap 3 bulan sekali agar senantiasa terkontrol sekaligus sebagai sarana evaluasi kerja guna menuju hasil yang lebih baik.

    4.      Kampus popular
    1)      Kuliyah Dakwah Islamiyah.
    Kuliyah Dakwah Islamiyah adalah sebuah lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan Jam’iyah Da'wah Islamiyah ‘Alamiyah yang didirikan pada tahun 1974. Jam’iyah Da'wah Islamiyah ‘Alamiyah sendiri didirikan pada tahun 1972. Kuliyah Dakwah Islamiyah adalah sebuah institut dakwah yang memfokuskan mahasiswanya pada pendidikan dakwah untuk mencetak alumni-alumninya sebagai da'i (muballigh) yang kapabel dan berdedikasi tinggi dan juga merupakan satu-satunya PTS di Libya yang mengkhususkan diri mendidik mahasiswa asing yang datang dari sekitar 98 negara di dunia.
    2)     Universitas Tripoli
    3)     Akademia Studi Pascasarjana
    4)     Universitas Asmariyah Zeletin
    5)     Universitas Al Zawiya
    6)     Universitas Benghazi

    5.      Link Beasiswa atau non beasiswa
    Informasi terkait beasiswa pendidikan di Libya dapat diakses langsung pada alamat website www.uic.edu.ly  untuk beasiswa di kampus Kuliyah Dakwah Islamiyah atau melalui website KKMI www.kkmilibya.com. Sampai saat ini, KKMI hanya memiliki satu mitra kampus sebagai tujuan melanjutkan pendidikan di Libya.
    6.      Keunggulan kuliah dinegara tersebut
    Kuliyah Dakwah Islamiyah sebagai satu-satunya destinasi pendidikan mahasiswa Indonesia di Libya memberikan beasiswa dan fasilitas yang cukup memadai bagi para mahasiswa semenjak diterimanya mereka. Beasiswa tersebut meliputi :
    a.       Tiket keberangkatan dan kepulangan setelah menyelesaikan pendidikan.
    b.      Tiket liburan musim panas ketika Tahun 2 kuliyah.
    c.       Asrama mahasiswa
    d.      Makan 3 kali sehari
    e.       Asuransi kesehatan
    f.        Buku pelajaran dan penelitian
    g.       Perbaharui izin tinggal
    h.      Uang saku bulanan
    Semua aktifitas mahasiswa dilaksanakan dalam lingkungan Kuliyah yang fasilitas pendidikannya dibangun secara terpadu. Lingkungan kuliyah mencakup gedung kampus, perpustakaan, masjid, asrama, rumah makan, bank, kantin, sarana olahraga, aula pertemuan dan klinik.
    Selain itu, lingkungan kampus hanya ditempati oleh mahasiswa internasional sehingga Bahasa Arab Fushah yang digunakan dalam percakapan sehari-hari lebih terjaga.
    Dari segi iklim, di Libya memiliki 3 musim yaitu Musim Dingin, semi dan panas. Dengan ini, kita sebagai orang yang tinggal di iklim tropis akan diuji untuk bagaimana rasanya hidup di iklim tersebut.

    7.      Email PPI : kkmilbya203@gmail.com

    8.      Website : www.kkmilibya.com

    9.      Facebook : KKMI Libya

    10.  Instagram : @kkmilibya

    11.  Twitter : -

    12.  Youtube : KKMI Libya

    Tidak ada komentar: