Langsung ke konten utama

selayang Pandang Tentang KKMI Libya





1.      Nama lengkap PPI
           Kesatuan Keluarga Mahasiswa Indonesia (KKMI) Libya
2.      Jumlah pelajar/ Mahasiswa ( s1/s2/s3)
Perguruan Tinggi di Libya yang menjadi tujuan belajar mahasiswa Indonesia sampai saat ini adalah Kuliyah Dakwah Islamiyah yang terletak di Ibukota Libya, yaitu Tripoli. Adapun jumlah mahasiswa Indonesia yang ada saat ini adalah 27 mahasiswa dan 4 Mahasiswi, dengan rincian berdasarkan strata pendidikan 1 orang sedang menempuh pendidikan Strata-2 (S2), 13 orang pada tingkat Strata-1 (S1) dan 17 orang masih dalam tahap kelas persiapan bahasa (Mahad I’dadi).

3.      Sejarah singkat PPI Negara
Bermodalkan sebuah tekad kuat dan keyakinaan atas kekuasaan Allah SWT mahasiswa Indonesia di Libya memulai kiprah mereka dalam organisasi akademis yang mereka beri nama Persatuan Pelajar Indonesia di Libya (PPI-Libya). Akan tetapi, pada tanggal 2 Rabi’ul Awal 1418 H bertepatan dengan hari Senin 7 Juli 1997 M berubah nama menjadi KKMI. Tujuan didirikannya organisasi ini selain untuk mewadahi seluruh dinamika mahasiswa, juga menjadi pelindung bagi mahasiswa Indonesia. Disamping organisasi ini juga menjadi jalur penghubung antara mahasiswa Indonesia dengan dunia luar, dimana kontak-kontak dengan berbagai lembaga dan organisasi kemahasiswaan diadakan melalui organisasi ini.
Organisasi ini terus dikenal dengan nama KKMI (Kesatuan Keluarga Mahasiswa Indonesia) Karena eksistensi KKMI sebagai lembaga kekeluargaan Mahasiswa Indonesia Libya yang mencerminkan keuniversalan Islam dan Bhineka Tunggal Ika. Hal ini diindikasikan dengan keberagaman anggota KKMI itu sendiri, baik dari sisi daerah, suku, budaya, latar belakang pendidikan sampai ormas Islam Indonesia yang merekomendasikan anggota KKMI untuk melanjutkan pendidikan di Libya yang cukup beragam.
Struktur Kepengurusan KKMI terdiri dari:
A.      MPA (Majelis Permusyawaratan Anggota)
B.       DPI (Dewan Pengurus Inti)
Secara sederhana, MPA adalah perwakilan mahasiswa dengan susunan : Ketua, Sekretaris, Bendahara. Sedangkan, Dewan Pengurus Inti (DPI) adalah badan eksekutif yang berperan secara aktif dalam mengambil segala keputusan dan kebijakan organisasi ini.
KKMI mengalami pergantian pengurus setiap satu tahun sekali sesuai dengan aturan yang termaktub dalam AD/ART KKMI. Jumlah anggota yang terus bertambah serta semakin kompleksnya persoalan yang dihadapi, maka di tubuh DPI-KKMI terdapat 8 departemen yaitu:
1)     Departemen Pendidikan
2)     Departemen Hubungan Masyarakat
3)     Departemen Olahraga
4)     Departemen Kesenian
5)     Departemen Jurnalistik dan Informasi
6)     Departemen Dana Usaha dan Kesejahteraan
7)     Departemen  Perpustakan
8)     Departemen Kesehatan dan Kebersihan
Kinerja Dewan Pengurus Inti (DPI) KKMI dikawal secara langsung oleh MPA yang sebagai perwakilan mahasiswa dalam menyuarakan suaranya. DPI melaporkan semua aktifitas organisasinya setiap 3 bulan sekali agar senantiasa terkontrol sekaligus sebagai sarana evaluasi kerja guna menuju hasil yang lebih baik.

4.      Kampus popular
1)      Kuliyah Dakwah Islamiyah.
Kuliyah Dakwah Islamiyah adalah sebuah lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan Jam’iyah Da'wah Islamiyah ‘Alamiyah yang didirikan pada tahun 1974. Jam’iyah Da'wah Islamiyah ‘Alamiyah sendiri didirikan pada tahun 1972. Kuliyah Dakwah Islamiyah adalah sebuah institut dakwah yang memfokuskan mahasiswanya pada pendidikan dakwah untuk mencetak alumni-alumninya sebagai da'i (muballigh) yang kapabel dan berdedikasi tinggi dan juga merupakan satu-satunya PTS di Libya yang mengkhususkan diri mendidik mahasiswa asing yang datang dari sekitar 98 negara di dunia.
2)     Universitas Tripoli
3)     Akademia Studi Pascasarjana
4)     Universitas Asmariyah Zeletin
5)     Universitas Al Zawiya
6)     Universitas Benghazi

5.      Link Beasiswa atau non beasiswa
Informasi terkait beasiswa pendidikan di Libya dapat diakses langsung pada alamat website www.uic.edu.ly  untuk beasiswa di kampus Kuliyah Dakwah Islamiyah atau melalui website KKMI www.kkmilibya.com. Sampai saat ini, KKMI hanya memiliki satu mitra kampus sebagai tujuan melanjutkan pendidikan di Libya.
6.      Keunggulan kuliah dinegara tersebut
Kuliyah Dakwah Islamiyah sebagai satu-satunya destinasi pendidikan mahasiswa Indonesia di Libya memberikan beasiswa dan fasilitas yang cukup memadai bagi para mahasiswa semenjak diterimanya mereka. Beasiswa tersebut meliputi :
a.       Tiket keberangkatan dan kepulangan setelah menyelesaikan pendidikan.
b.      Tiket liburan musim panas ketika Tahun 2 kuliyah.
c.       Asrama mahasiswa
d.      Makan 3 kali sehari
e.       Asuransi kesehatan
f.        Buku pelajaran dan penelitian
g.       Perbaharui izin tinggal
h.      Uang saku bulanan
Semua aktifitas mahasiswa dilaksanakan dalam lingkungan Kuliyah yang fasilitas pendidikannya dibangun secara terpadu. Lingkungan kuliyah mencakup gedung kampus, perpustakaan, masjid, asrama, rumah makan, bank, kantin, sarana olahraga, aula pertemuan dan klinik.
Selain itu, lingkungan kampus hanya ditempati oleh mahasiswa internasional sehingga Bahasa Arab Fushah yang digunakan dalam percakapan sehari-hari lebih terjaga.
Dari segi iklim, di Libya memiliki 3 musim yaitu Musim Dingin, semi dan panas. Dengan ini, kita sebagai orang yang tinggal di iklim tropis akan diuji untuk bagaimana rasanya hidup di iklim tersebut.

7.      Email PPI : kkmilbya203@gmail.com

8.      Website : www.kkmilibya.com

9.      Facebook : KKMI Libya

10.  Instagram : @kkmilibya

11.  Twitter : -

12.  Youtube : KKMI Libya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDAFTARAN | Program Beasiswa Islamic Call College, Libya | S1, S2, S3 | 2023

Assalamualaikum sobat Penutut Ilmu, gimana Kabarnya kalian, Semoga Selalu dalam Keadaan Sehat wal 'afiat dan Selalu Dalam Lindungan Allah Subhanahu wa Ta'ala Amin ya rabb Al- amin.  Alhamdulillah segala puji bagi Allah, setelah menunggu kurang lebih 3 - 6 Bulan Akhirnya atas izin Allah SWT. Pendaftaran Program Beasiswa Islamic Call College, Libya  resmi dibuka. Nah, bagi sobat Penutut Ilmu yang berminat untuk Melanjutkan Studi S1, S2, S3-nya di Negara yang dijuluki seribu Huffadz ini, bisa nih untuk Mendaftar kan diri. Berikut  Syarat - syarat yang harus dipenuhi  : PROGRAM SARJANA S1 PERSYARATAN  1. Sehat Jasmani dan Rohani 2. Usia 17 sampai 23 Tahun. 3. Melampirkan Berkas- berkas Yang Dibutuhkan 4. Dinyatakan lulus tes Penerimaan   5. Telah Lulus dari Jenjang SMA\SEDERAJAT Dengan nilai Minimal JAYYID JIDDAN  6. Mengisi formulir pendaftaran 7. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan umum 1 April 2023  6. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan agama Islam 20 April 2023  BE

Materi Marhala Dasar, Belajar Bahasa Arab KKMI Libya Via WhatsApp

الكَلَأمُ (    Al-kalam ) A.     تَعْرِيْفُ الكَلَامِ   ( Pengertian Kalam )             الكَلَام ( Kalam ) berasal dari Bahasa Arab, yaitu كَلَّمَ - يُكَلِّمُ   yang artinya berbicara. Sedangkan, kata الكَلَام artinya perkataan atau pembicaraan. Definisi Kalam menurut Ahli Nahwu النَحْوُ     adalah : الكَلاَمُ هُوَ اللَّفْـــظُ المُرَكَبُ المُفِيْدُ بِالوَضْـعِ Kalam adalah suatu perkataan yang tersusun yang memberikan faedah atau makna yang lengkap. Jadi, Kalam dalam Bahasa Arab   memiliki 4 syarat, yaitu : 1-       اللّفْظُ ( Al-lafzu ) yaitu suara ucapan kalimat atau perkataan. Contohnya : المَسْجِدُ   ( Masjid ) كِتَابُ   ( Kitab ) كُرَّاسَةٌ ( Buku tulis ) قَلَمٌ   ( Pena ) dan lain sebagainya. 2-       الْمُرَكَبُ ( Al-Murakabu ) yaitu yang tersusun, kalam yang kita ucapkan mesti tersusun dari dua kata atau tiga kata atau lebih dari itu. Contohnya : ذَهَبَ مُحَمَّدٌ إِلى المَدْرَسَة   ( Muhammad pergi ke sekolah ) مُحَمَّدٌ قَائِمٌ   ( Muhamma

𝐏𝐞𝐧𝐝𝐚𝐟𝐭𝐚𝐫𝐚𝐧 𝐈𝐧𝐭𝐞𝐫𝐧𝐚𝐭𝐢𝐨𝐧𝐚𝐥 𝐈𝐬𝐥𝐚𝐦𝐢𝐜 𝐂𝐚𝐥𝐥 𝐂𝐨𝐥𝐥𝐞𝐠𝐞 𝐋𝐢𝐛𝐲𝐚 𝐓𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐝𝐢𝐛𝐮𝐤𝐚 !

Bismillahirrahmanirrah Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatu Program Beasiswa Kampus Kuliah Dakwah Islamiyah di Tripoli Libya membuka penerimaan mahasiswa/i baru bagi para pelajar yang berkeinginan untuk melanjutkan studinya di jenjang perkuliahan S1 untuk tahun ajaran 2022-2023 Fakultas yang tersedia 1. Fakultas Dirosat Islamiyah - Jurusan Syari'ah Islamiyah - Jurusan Dakwah dan Peradaban 2. Fakultas Bahasa - Jurusan Sastra Arab 3. Fakultas Ilmu Umum - Jurusan Akutansi dan Perbankan - Jurusan Ekonomi - Jurusan Teknik Informatika - Jurusan Komputer *Diwajibkan kepada pendaftar beasiswa ini untuk membaca terlebih dahulu handbook pendaftaran dari kampus https://drive.google.com/drive/folders/1ptIhPfDHGfDPPZxRLunzMIRF79qGK5 Syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi pendaftar 1. Calon Mahasiswa/i memiliki ijazah SMA atau sederajat dengan hasil minimal -Sangat Baik- (جيد جدا) (rata-rata minimal 75) 2. Calon Mahasiswa/i memiliki Paspor minimal masih berlaku untuk 4 tahun kedepan 3. Um