• Breaking News

    Kamis, 28 Februari 2019

    Keutamaan Masjid


    Source : Masjid Selat Melaka, Unsplash

    Masjid. Sesuatu yang gak asing lagi pasti di dalam benak kita. Kalau kita dengar kata masjid pasti yang muncul dipikiran pertama kali adalah “tempat untuk sholat”. Ya tepat sekali, itu salah satu fungsi utama Masjid didalam islam disamping fungsi-fungsi lain seperti untuk kajian, pendidikan, pelatihan, pengkaderan dai, musyawarah, dan lain-lain sebagainya.

    Beberapa hari yg lalu viral sebuah berita tentang masjid yang akan digabung dengan kafe, music, dance, dan akustik. Namun kali ini kita gak akan bahas itu tapi kita akan bahas masjid dari sisi keutamaannya dalam islam itu seperti apa. Tentu hal ini akan kita tinjau dengan sumber hukum kita dalam islam yakni Al-Quran dan As-Sunnah serta atsar-atsar yang ada.
    Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, dia berkata :

    "المسجد بيوت الله في الأرض تضيء لأهل السماء كما تضيء نجوم السماء لأهل الأرض"

    “Masjid adalah rumah Allah yang ada di bumi, yg menerangi penduduk langit layaknya bintang yang menerangi penduduk bumi” (Riwayat At-Thabrani didalam kitab Al-Kabir, juz 10, hal. 319, tsiqoh para perowinya,)
    Dari Abdullah bin Umar, bahwa ada seorang laki-laki yang bertanya kepada nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam :

    "أي البقاع الخير وأي البقاع شر ؟ قال : خير البقاع المساجد, و شر البقاع الأسواق "

    “Tempat apa yang baik dan tempat apa yang buruk ? berkata rasulullah : sebaik-baik tempat adalah masjid-masjid, dan seburuk-buruk tempat adalah pasar.” (Diriwayatkan Ath-thabrani didalam Al-Kabir(
    Lalu dari Abu Hurairah R.A, rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berkata :

    مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ وَرَاحَ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُ نُزُلَهُ مِنْ الْجَنَّةِ كُلَّمَا غَدَا أَوْ رَاحَ

    “Barangsiapa datang ke masjid di pagi dan sore hari, maka Allah akan menyediakan baginya tempat tinggal  yang baik di surga setiap kali dia berangkat ke masjid di pagi dan sore hari.” (Muttafaqun Alaihi)
    Dari Buraidah Al-Aslami R.A, rasulullah bersabda :

    " بَشِّرْ الْمَشَّائِينَ فِي الظُّلَمِ إِلَى الْمَسَاجِدِ بِالنُّورِ التَّامِّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ"

    “Berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan di kegelapan malam menuju masjid dengan cahaya sempurna kelak dihari kiamat” (HR.Tirmidzi)

    Saya rasa cukup jelas, diatas adalah beberapa keutamaan masjid, masih banyak keutamaan-keutamaan lain dari masjid. Masjid menjadi tempat dikumandangkannya adzan, didalamnya disebut dan ditinggikan nama-nama Allah.

    Masjid adalah tempat sakral, didalamnya dilakukan ibadah. Masjid adalah tempat kita berdzikir, memohon ampun, tempat kita berkhalwat dengan Allah, melupakan sejenak urusan dunia, menjalin hubungan dan memperbaiki hubungan kita dengan Sang Pencipta.
    Allah ta’ala berfirman :

    Dan sesungguhnya mesjid-mesjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah.” (Al-Jin : 18)

    Masjid adalah tempat merendahkan diri kita dihadapan Rabb kita, kita adukan masalah kita dengan ketundukkan sedalam-dalamnya kepada-Nya. Tempat memohon harap dan tempat bertasbih.
    Masjid juga berfungsi sebagai tempat pembelajaran, didalamnya didirikan kelompok-kelompok mengaji, membaca qur’an, menghafalnya, dan mentadabburinya.

    Dan masih banyak lagi keutamaanya. Oleh karena itu mari kita jaga keutamaan tersebut. Apa yang dibangun rasulullah pertama kali adalah masjid, rasul memuliakannya. Rasul memanfaatkan sebenar-benarnya fungsi masjid sebagai tempat untuk mentarbiyah para sahabatnya. Generasi-generasi terbaik hasil didikan beliau berasal dari masjid. Panglima-panglima besar umat islam dihasilkan dari tarbiyah rasulullah melalui masjid .

    Sekian … insyaAllah akan dilanjut tentang hubungan masjid dengan dakwah islam biidznillah .

    Akhukum fillah,
    Adi Rahman Hakim

    (Mahasiswa International Islamic Call College, Tripoli, Libya)



    Tidak ada komentar: