• Breaking News

    Rabu, 29 Mei 2019

    KKMI Libya Menggelar Acara Musabaqoh Hifdzil Mutun Ilmiyyah


    Assalamualaikum sahabat KKMI yang dirahmati Allah swt, Ramadhan sebentar lagi akan berpamitan, bagaimana dengan puasa kalian ? semoga semangat tetap membara hingga Hari Kemenangan tiba.

    Pada ramadhan kali ini, ada yang spesial dari Kesatuan Keluarga Mahasiswa Indonesia (KKMI) Libya, untuk pertama kalinya KKMI Libya menggelar acara Musabaqoh Hifdzil Mutun yang diselenggarakan di masjid kampus Kulliyah Dakwah Al-islamiyah. Acara perdana ini diikuti oleh 23 mahasiswa dari berbagai negara seperti Ruwandia, Indonesia, Ghana, Nigeria, Ghambia, Filiphine dll. Selain itu juga para mahasiswa lainnya turut hadir untuk memeriahkan acara tersebut.
    Lomba ini merupakan salah satu acara untuk mengisi kegiatan pada Ramadhan kareem tahun ini. Diketuai oleh Ahmad Damanhuri, mahasiswa tahun 4 jurusan syariah Kuliyah Dakwah Al-Islamiyah dan tentunya dibantu oleh sejumlah panitia yang dibentuk dari KKMI sendiri melalui musyawarah bersama.

    Perlombaan ini dibuka untuk umum dan dapat diikuti oleh semua mahasiswa Kuliyyah Dakwah Al-Islamiyah. Baik yang sedang duduk di kelas ma’had (persiapan bahasa) atau mahasiswa di kelas kuliyah .

    Dalam perlombaan ini, Ada 2 jenis matan yang dapat diikuti yakni “Tuhfatul athfaal” yang terdiri dari 62 bait dan “ Al-manzuumatu Al-Bayquuniyah” yang terdiri dari 34 bait dan untuk masing-masing peserta dapat mengikuti keduanya atau memilih salah satunya. Meski keduanya memiliki bait yang cukup panjang, namun tidak sedikit dari mereka yang mengikuti keduanya.

    Dan untuk informasi mengenai materi perlombaan itu sendiri sudah diinfokan 3 minggu sebelum perlombaan. sebagai senggang waktu bagi para peserta untuk menghafal materi . Acara yang dilangsungkan pada Senin, 27 mei 2019 pukul 16.30 (Waktu Libya) ini berlangsung cukup khidmat.

    Dengan dihadiri Al-Mukarram ustadz Abdul Latif Ghulam Darwis dan Al-Mukarram ustadz Salman Nadzhim Zat selaku juri pada acara ini. Secara bergantian, para peserta menunjukan kemampuan hafalan mereka di depan para juri. Antusias para peserta begitu terlihat ketika perlombaan sedang berlangsung, tentunya mereka berusaha semaksimal mungkin untuk menunjukan yang terbaik.
    Ada beberapa kriteria yang harus mereka kuasai dalam perlombaan ini, selain hafal, mereka juga harus memperhatikan kelancaran, i’rob (yang termasuk syakal dan huruf) dan nada demi menunjang performa terbaik mereka. Setelah semua peserta berhasil menunjukan performa nya, acara ini ditutup dengan formal, dan untuk pengumuman pemenang Lomba Hidzul Mutun ini insya Allah akan diselenggarakan pada Rabu, 29 Mei 2019 dan diakhiri dengan ifthar bersama para mahasiswa Kuliyah Dakwah Al-Islamiyah dimasjid kuliyah.


    Reporter,
    Fina Septia


    Tidak ada komentar: