Langsung ke konten utama

Rightness is Our Soul



(sumber: unsplash)

Hola hai hai sobat KKMI dimanapun kalian berada !  tinggal beberapa hari lagi ramadhan akan
berpamitan, bagaimana perasaan kalian ? hmmm.. tentu semua bersedih karena harus berpisah, dan pasti berharap bisa kembali bertemu dengan Ramadhan Kareem. Allahuma Aamiin.

Ashabii, SARAPAN diminggu terakhir Ramadhan ini , kami menyuguhkan RISOL untuk kalian semua. Eittss... Do not think about risol anymore, well ? tahan guys, tunggu waktu berbuka tiba.
RISOL kali ini berisi tentang “RIGHTNESS, is our soul” kita akan sedikit membahas tentang arti penting sebuah kebenaran. Jeng..jeng..jengg !!!

manteman, pernah kah kalian mendengar hadis “ Qulil Haq walau kana murran” ? yang berarti, katakanlah kebenaran meskipun itu pahit. Mungkin hadis ini cukup familiar bagi kita. Sebuah hadis tentang arti pentingnya sebuah kejujuran.

Bagi kalian, seberapa pentingnya sih arti kejujuran ? tentu will be the important one, right ?
dimuka bumi ini, tentu tak ada 1 manusiapun yang bersedia untuk dibohongi. Karena sejatinya kebohongan adalah sesuatu yang menyakitkan, cepat atau lambat.

Dalam KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ), bohong sendiri memiliki arti “ tidak sesuai dengan hal (keadaan) yang sebenarnya “ jadi, ketika kita mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya, kita bisa dikatakan sebagai seorang pembohong. Hmmm.. mengerikan bukan ?
So guys, let’s see the truth, talk it, destroy lies ! jangan hambakan kita dengan kebohongan. Kebohongan hanya akan menyelamatkanmu sesaat, namun menghancurkanmu selamanya .

Secara teori, mengatakan kebenaran adalah suatu kemudahan yang tentunya akan dilakukan dan diharapkan oleh semua orang. Namun dalam prakteknya sendiri, banyak orang yang mengesampingkan arti pentingnya sebuah kebenaran dengan dalih tidak ingin menyakiti hati orang lain. terlupa bahwasanya kebohongan yang sudah ia perbuat akan menimbulkan kebohongan-kebohongan selanjutnya. Ini yang sangat berbahaya. Efek terparahnya, bohong akan menjadi sesuatu yang lumrah baginya. Naudzubillah tsumma naudzubillah .

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasannya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاث إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَ إِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ، وَ إِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

“Tanda orang munafik itu tiga apabila ia berucap berdusta, jika membuat janji berdusta, dan jika dipercayai mengkhianati” (HR Al-Bukhari, Kitab Iman, Bab Tanda-tanda Orang Munafik, no. 33 dan Muslim, Kitab Iman, Bab Penjelasan Sifat-Sifat Orang Munafik, no. 59).

Dari hadis ini dapat kita simpulkan bahwa berbohong adalah salah satu ciri hypocrite, atau munafik (bermuka 2). Jika ia berkata, ia berbohong . jelas saja, berbohong adalah sesuatu yang sangat merugikan semua pihak, baik yang berbohong atau yang dibohongi.

Menanamkan kebenaran dalam jiwa, bisa dimulai dari hal kecil. Tentu dimulai dari diri kita sendiri. Jika kita saja mudah membohongi diri sendiri, besar kemungkinan kita tidak merasa khawatir jika harus membohongi orang lain. Wasn’t it ?


Ada sebuah kisah, tentang kemuliaan akhlak Rasulullah SAW yang patut kita contoh.
Alkisah , saat Rasulullah SAW sedang berkumpul dengan beberapa sahabatnya, datanglah seorag wanita kafir membawa beberapa biji buah jeruk sebagai hadiah. Rasulullah SAW menerimanya dengan senyuman gembira. Lalu mulailah jeruk itu dimakan satu persatu hingga habislah jeruk tersebut. Maka ketika wanita itu izin untuk pulang, ada salah satu sahabat yang bertanya mengapa Rasul tak sedikitpun membagi jeruk itu kepada sahabatnya. Rasulullah SAW pun menjawab “ tahukah kamu, sebenarnya buah jeruk itu terlalu asam sewaktu saya merasakannya pertama kali. Kalau kalian turut makan, saya takut ada diantara kalian yang akan mengerenyitkan dahi atau memarahi wanita tersebut. Saya takut hatinya akan tersinggung. Sebab itu saya habiskan semuanya “

Tabaaraka Rahman, indah bukan ?Rasulullah senantiasa mengajarkan kepada kita untuk selalu bersikap jujur, dengan tanpa menyakiti hati orang lain. Beliau lah manusia dengan gelar “Amanah”.
Tampaknya mudah-mudah sulit, untuk mengobarkan api kebenaran. Entah kita tersandung dengan keadaan atau hal lain yang membuat kita terdorong untuk berbohong. Tapi yakinlah, sepahit-pahitnya kejujuran tetap akan indah pada akhirnya.

Jika jiwa kita sudah terlatih untuk bersikap jujur dan mencintai kebenaran, maka tidak akan ada celah untuk berbohong. Meski untuk hal sepele sekalipun. Tidak akan ada kekhawatiran dimasa depan kalau-kalau kebohongan yang lalu akan terungkap. Bukankah indah, jika hidup tenang tanpa sedikitpun kekhawatiran ? exactly !!

Nahhh.. bagaimana Sarapan kali ini ? cukup mengenyangkan ? hihihi. Qulil haq, atau kamu hanya akan menjadi budak bagi “kebohongan”mu sendiri. For your infomation, remote tercanggih yang pernah ada sebenarnya sudah ada didalam jiwamu sendiri. Mau jadi seperti apa dirimu nantinya, kamu bisa menentukan pilihanmu , winner or loser ???

So if you don’t mind, creat your great life with the truth, strength, and hard. Take an easy one, to get the most difficult. Nothing easy but nothing impossible. Perasaan sulit itulah yang sebenarnya  menyulitkan diri kita sendiri. Sehingga “mudah” akan terasa sangat sukar untuk diraih.
yuk,biasakan diri dengan kebenaran. Let us say no to lie !!!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDAFTARAN | Program Beasiswa Islamic Call College, Libya | S1, S2, S3 | 2023

Assalamualaikum sobat Penutut Ilmu, gimana Kabarnya kalian, Semoga Selalu dalam Keadaan Sehat wal 'afiat dan Selalu Dalam Lindungan Allah Subhanahu wa Ta'ala Amin ya rabb Al- amin.  Alhamdulillah segala puji bagi Allah, setelah menunggu kurang lebih 3 - 6 Bulan Akhirnya atas izin Allah SWT. Pendaftaran Program Beasiswa Islamic Call College, Libya  resmi dibuka. Nah, bagi sobat Penutut Ilmu yang berminat untuk Melanjutkan Studi S1, S2, S3-nya di Negara yang dijuluki seribu Huffadz ini, bisa nih untuk Mendaftar kan diri. Berikut  Syarat - syarat yang harus dipenuhi  : PROGRAM SARJANA S1 PERSYARATAN  1. Sehat Jasmani dan Rohani 2. Usia 17 sampai 23 Tahun. 3. Melampirkan Berkas- berkas Yang Dibutuhkan 4. Dinyatakan lulus tes Penerimaan   5. Telah Lulus dari Jenjang SMA\SEDERAJAT Dengan nilai Minimal JAYYID JIDDAN  6. Mengisi formulir pendaftaran 7. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan umum 1 April 2023  6. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan agama Islam 20 April 2023  BE

Materi Marhala Dasar, Belajar Bahasa Arab KKMI Libya Via WhatsApp

الكَلَأمُ (    Al-kalam ) A.     تَعْرِيْفُ الكَلَامِ   ( Pengertian Kalam )             الكَلَام ( Kalam ) berasal dari Bahasa Arab, yaitu كَلَّمَ - يُكَلِّمُ   yang artinya berbicara. Sedangkan, kata الكَلَام artinya perkataan atau pembicaraan. Definisi Kalam menurut Ahli Nahwu النَحْوُ     adalah : الكَلاَمُ هُوَ اللَّفْـــظُ المُرَكَبُ المُفِيْدُ بِالوَضْـعِ Kalam adalah suatu perkataan yang tersusun yang memberikan faedah atau makna yang lengkap. Jadi, Kalam dalam Bahasa Arab   memiliki 4 syarat, yaitu : 1-       اللّفْظُ ( Al-lafzu ) yaitu suara ucapan kalimat atau perkataan. Contohnya : المَسْجِدُ   ( Masjid ) كِتَابُ   ( Kitab ) كُرَّاسَةٌ ( Buku tulis ) قَلَمٌ   ( Pena ) dan lain sebagainya. 2-       الْمُرَكَبُ ( Al-Murakabu ) yaitu yang tersusun, kalam yang kita ucapkan mesti tersusun dari dua kata atau tiga kata atau lebih dari itu. Contohnya : ذَهَبَ مُحَمَّدٌ إِلى المَدْرَسَة   ( Muhammad pergi ke sekolah ) مُحَمَّدٌ قَائِمٌ   ( Muhamma

ENGLISH LOOP : 10 SLANG MILENIAL POPULER

  Oleh Immas Redeon Sabtu, 05 september 2020   Sejarah singkat bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa Jermanik yang berkembang pada abad pertengahan. English sendiri berasal dari epinom  Angle , suku yang mendiami wilayah Anglen, Jerman utara. Pada awalnya, bahasa Inggris berkembang di kerajaaan Anglo-Saxon Britania, lalu mendapat pengaruh dari bahasa Norse Kuno setelah penaklukan Viking pada abad 10.  Penaklukan Normandia terhadap Inggris pada abad 11 menyebabkan bahasa Inggris juga mendapat sedikit pengaruh dari bahasa Prancis (Norman). Pada abad 15, Bahasa Latin juga ikut berperan mempengaruhi perkembangan bahasa Inggris. Perpaduan dari berbagai bahasa ini menyebabkan dialek bahasa Inggris sangat beragam bentuknya. Mulai dari ejaan, penulisan, bahkan istilah (idiom). Di era modern ini, secara umum ada dua jenis bahasa Inggris yang dijadikan acuan internasional, yakni English America (bahasa Inggris Amerika) dn English British(bahasa Inggris Britania). Bahasa Inggris adalah bah