Langsung ke konten utama

KEADAAN PARA SALAF BERSAMA AL-QURAN DI BULAN RAMADHAN


Bulan Ramadhan adalah bulannya Al-Qur'an, di bulan ini pula Jibril 'alaihissalam mendatangi Rasulullah shallahu alaihi wasallam untuk mengajarkan Al-Qur'an, hal ini menunjukkan akan keutamaan bulan Ramadhan dan sunnahnya belajar dan mengajarkan Al-Qur'an di bulan tersebut.


Lantas, bagaimana Para Salaf bersama Al-Qur'an ??

Kita dapati mereka memberikan perhatian luar biasa terhadap Al-Qur'an, adalah Ustman bin Affan mengkhatamkan Al-Qur'an setiap hari sekali, di antara mereka ada yang mengkhatamkan dalam tiga malam sekali, tujuh malam sekali, dan sepuluh malam sekali, baik itu di baca dalam sholat maupun di luar sholat. 


Lihatlah Imam Syafi'i rahimahillahu mengkatamakan Al-Qur'an 60 kali dalam ramadhan, dapat kita fahami bahwasanya beliau khatam dua kali dalam sehari. Begitu pula Al-Qatadah memilki kebiasaan mengkahtamkan Al-Qur'an setiap tujuh hari sekali, pada bulan ramadhan beliau khatamkan dalam hari sekali, dan pada malam sepuluh terakhir beliau lebih giat lagi hingga mengkhatamkan sekali dalam sehari. 


Adalah Imam Malik berkonsentrasi mengkhatamkan Al-Qur'an yang mana kegiatan hari-harinya membaca hadist dan mejelis ilmu, dan berkata ini adalah bulan Al-Qur'an, hal yang serupa juga adalah di lakukan Imam Az-Zuhri, begitu juga Imam Sufyan Ast-Tsauri di katakan ketika pada bulan ramadhan beliau meninggalkan seluruh ibadah-ibadah (sunnah ) dan berkonsentrasi kepada Al-Qur'an. 

Begitulah perhatian mereka terhadap Al-Qur'an di bulan yang mulia ini, kita dapati rumah-rumah Para Salaf seperti dengungan suara lebah, yakni membaca Al-Qur'an. 


Mungkin kita bertanya-tanya, bagaimana mungkin mereka bisa mengkhatamkan Al-Qur'an sebanyak itu ?? 


Ya..jawabannya adalah sangat mungkin sekali, waktu yang sama tapi hasil yang berbeda hanya di ungguli oleh orang - orang di beri taufiq dan keberkahan waktu oleh Allah Ta'ala. Merekalah para sahabat yang sangat bersemagat dalam meraih keutamaan dan menuntut ilmu kemudian mengamalkannya. Tentu bukan seperti kebanyakan orang di zaman ini yang waktunya habis di lalaikan oleh kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat dan lebih berobsesi terhadap dunia. 


Secara logika tidak mungkin, namun ada hal yang bisa kita lakukan dengan menyingkirkan gadget yang merupakan musuh terbesar saat ini dan hal-hal yang melalaikan lainnya kemudian beralih untuk memfokuskan diri untuk membaca dan mentadabburi Al-Qur'an, sebaliknya selama kita tidak mampu menjauhkan diri dari hal -hal yang melalaikan itu selama itu pula logika tidak mungkin ini akan terus ada dalam benak kita. Karena hati, pikiran, dan waktu kita lebih condong ke hal tersebut sehingga merasa mustahil dan tidak ada waktu. 


Mari kita persiapkan diri kita terutama saya pribadi  agar memanfaatkan waktu yang tersisa ini dengan sebaik mungkin , kalaupun keutamaan kita tidak seperti Para Salaf setidaknya kita bisa mencontoh semangat ibadah mereka.

Semoga Allah Ta'ala berikan taufiq dan kemudahan kepada kita untuk senantiasa beribadah dan memanfaatkan waktu bersama Al-Qur'an pada bulan Ramadhan kali ini. Wallahu'alam. 


Akhukum fillah 

Syukri Abdullah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDAFTARAN | Program Beasiswa Islamic Call College, Libya | S1, S2, S3 | 2023

Assalamualaikum sobat Penutut Ilmu, gimana Kabarnya kalian, Semoga Selalu dalam Keadaan Sehat wal 'afiat dan Selalu Dalam Lindungan Allah Subhanahu wa Ta'ala Amin ya rabb Al- amin.  Alhamdulillah segala puji bagi Allah, setelah menunggu kurang lebih 3 - 6 Bulan Akhirnya atas izin Allah SWT. Pendaftaran Program Beasiswa Islamic Call College, Libya  resmi dibuka. Nah, bagi sobat Penutut Ilmu yang berminat untuk Melanjutkan Studi S1, S2, S3-nya di Negara yang dijuluki seribu Huffadz ini, bisa nih untuk Mendaftar kan diri. Berikut  Syarat - syarat yang harus dipenuhi  : PROGRAM SARJANA S1 PERSYARATAN  1. Sehat Jasmani dan Rohani 2. Usia 17 sampai 23 Tahun. 3. Melampirkan Berkas- berkas Yang Dibutuhkan 4. Dinyatakan lulus tes Penerimaan   5. Telah Lulus dari Jenjang SMA\SEDERAJAT Dengan nilai Minimal JAYYID JIDDAN  6. Mengisi formulir pendaftaran 7. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan umum 1 April 2023  6. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan agama Islam 20 April 2023  BE

Materi Marhala Dasar, Belajar Bahasa Arab KKMI Libya Via WhatsApp

الكَلَأمُ (    Al-kalam ) A.     تَعْرِيْفُ الكَلَامِ   ( Pengertian Kalam )             الكَلَام ( Kalam ) berasal dari Bahasa Arab, yaitu كَلَّمَ - يُكَلِّمُ   yang artinya berbicara. Sedangkan, kata الكَلَام artinya perkataan atau pembicaraan. Definisi Kalam menurut Ahli Nahwu النَحْوُ     adalah : الكَلاَمُ هُوَ اللَّفْـــظُ المُرَكَبُ المُفِيْدُ بِالوَضْـعِ Kalam adalah suatu perkataan yang tersusun yang memberikan faedah atau makna yang lengkap. Jadi, Kalam dalam Bahasa Arab   memiliki 4 syarat, yaitu : 1-       اللّفْظُ ( Al-lafzu ) yaitu suara ucapan kalimat atau perkataan. Contohnya : المَسْجِدُ   ( Masjid ) كِتَابُ   ( Kitab ) كُرَّاسَةٌ ( Buku tulis ) قَلَمٌ   ( Pena ) dan lain sebagainya. 2-       الْمُرَكَبُ ( Al-Murakabu ) yaitu yang tersusun, kalam yang kita ucapkan mesti tersusun dari dua kata atau tiga kata atau lebih dari itu. Contohnya : ذَهَبَ مُحَمَّدٌ إِلى المَدْرَسَة   ( Muhammad pergi ke sekolah ) مُحَمَّدٌ قَائِمٌ   ( Muhamma

ENGLISH LOOP : 10 SLANG MILENIAL POPULER

  Oleh Immas Redeon Sabtu, 05 september 2020   Sejarah singkat bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa Jermanik yang berkembang pada abad pertengahan. English sendiri berasal dari epinom  Angle , suku yang mendiami wilayah Anglen, Jerman utara. Pada awalnya, bahasa Inggris berkembang di kerajaaan Anglo-Saxon Britania, lalu mendapat pengaruh dari bahasa Norse Kuno setelah penaklukan Viking pada abad 10.  Penaklukan Normandia terhadap Inggris pada abad 11 menyebabkan bahasa Inggris juga mendapat sedikit pengaruh dari bahasa Prancis (Norman). Pada abad 15, Bahasa Latin juga ikut berperan mempengaruhi perkembangan bahasa Inggris. Perpaduan dari berbagai bahasa ini menyebabkan dialek bahasa Inggris sangat beragam bentuknya. Mulai dari ejaan, penulisan, bahkan istilah (idiom). Di era modern ini, secara umum ada dua jenis bahasa Inggris yang dijadikan acuan internasional, yakni English America (bahasa Inggris Amerika) dn English British(bahasa Inggris Britania). Bahasa Inggris adalah bah