• Breaking News

    Rabu, 05 Mei 2021

    Ngabuburit dan Bukber di Kampus Kuliyah Dakwah Islamiyah

    Pasti udah gak asing kan dengan kampus kita yang kece ini?

    Yaps, kampus Kuliyah Dakwah Islamiyah. Kampus yang terletak di Ibukota Tripoli Libya ini merupakan satu-satunya kampus khusus Mahasiswa luar negeri (non-libya) seperti; Kamboja, China, Ghana, Burikina Faso, Pakistan, Indonesia dan lainnya.  Jadi disini tidak ada warga dalam negeri yang melanjutkan study nya di kampus ini.

    Bulan puasa sepertinya kurang afdhol kalu tidak ada moment ngabuburit atau buka bersama (Bukber). Acara wajib ini akan selalu dinanti dibulan Ramdhan seperti ini, entah itu dilakukan bersama keluarga, teman dan lain-lain. Rutinitas berbuka tidak akan menarik jika dilakukan sendirian karena  kita sebagai mahluk social senang sekali berbagi dan berkelompok. Sehingga akhirnya berbuka bersama menjadi suatu kebutuhan.

    Untuk para perantau baru, jika tahun sebelumnya kita terbiasa dengan takjil atau bukaan yang serba ada dan beraneka ragam, maka kali ini selamat mencoba kuliner khas Negara Libya ini. Ditahun kali ini kita para perantau masih harus merasakan ngabuburit dinegara orang dengan cita rasa dan budaya yang berbeda. Bukan hanya itu, ditahun ini dunia masih harus Ramadhan bersama Covid-19 yang belum mereda.

    Nah, sore kali ini (Selasa, 4 Mei 2021) kami akan mengajak kalian semua untuk ngabuburit dan bukber virtual bersama kami di website KKMI Libya. Perlu diketahui istilah bukber atau ngabuburit itu tidak hanya di Negara kita aja loh.

    Kali ini kampus kami Kuliyah Dakwah Islamiyah menggelar acara Bukber Akbar untuk menyantap, memanjakan dan memamerkan kepada kami semua para mahasiswa cita rasa serta adat warga Negara Libya ketika berbuka. Bukber Bukber Akbar ini menghadirkan stasiun TV untuk memeriahkan dan mengeksplor aktifitas persiapan bukber sampai berakhirnya. Tidak hanya itu kampus juga mengundang para dosen, para petinggi kampus, para pekerja dan lain sebagianya, sehingga acara terlihat acara terlihat mewah dan ramai.


    Para panitia telihat sibuk dalam menyiapkan tempat dan takjil bukaan nanti. Terlihat meja-meja yang sederhana untuk para mahasiswa dan para pekerja,sedangkan tamu penghomatan akan di tempatkan di tempat yang khusus dan nyaman pastinya. Bukber kali ini bersifat out door sehingga kita dapat merasakan angin sore dan sunset Libya. Sungguh menakjubkan. Bukan hanya itu, berbagai macam manisan, roti dan nasi beserta lauk pauknya pun sangat menggoda mata.

    Disetiap meja yang tersedia, makanan pembuka sebelum makan besar. Mereka menyediakan buah-buahan, manisan (kue-kue kecil), kurma, susu, air putih dan air soda. Lalu dilanjutkan oleh sholat magrib bersama, setelah sholat usai maka kami akan dimanjakan oleh nasi biryani khas Libya beserta lauk pauknya, lauk yang akan kami santap pun dapat memilih sesuai dengan selera masing-masing seperti; ikan, anak kambing, dan ayam. Dijamin perut sudah mulai membuncit. Setelah makan besar,maka mereka menyediakan makanan penutup yakni syurbah (sup daging atau sup kacang addas) dan roti-roti kecil seperti burik (semacam omelet telur) dan pizza.

    Dan gak ketinggalan dong, setelah makan-makan pasti akan ada selfi-selfi atau foto bersama untuk mengabadikan moment satu tahun ini. Cukup sederhana, namun,  apapun itu tidak masalah  karna yang terpenting adalah kebersamaan didapat dan  terjalin erat. Yang jauh jadi saling mengenal. Yang dekat menjadi lebih akrab, itu point pentingnya. Soal disana cuma sekedar makan malam terus pulang itu tidak masalah, karena kehadiran kita adalah sebuah hadiah bagi yang mengundang.




    Nah, beginilah ngabuburit dan bukber sederhana tahun kali ini, meskipun Ramadhan masih bersama Covid-19, akan selalu ada cerita dan moment yang mengesankan yang tak terlupakan. Terimakasih telah Ngabuburit dan Bukber virtual bersama Website KKMI Libya. Nantikan tulisan-tulisan kita berikutnya ya.

     

    Tidak ada komentar: