Langsung ke konten utama

Ngabuburit dan Bukber di Kampus Kuliyah Dakwah Islamiyah

Pasti udah gak asing kan dengan kampus kita yang kece ini?

Yaps, kampus Kuliyah Dakwah Islamiyah. Kampus yang terletak di Ibukota Tripoli Libya ini merupakan satu-satunya kampus khusus Mahasiswa luar negeri (non-libya) seperti; Kamboja, China, Ghana, Burikina Faso, Pakistan, Indonesia dan lainnya.  Jadi disini tidak ada warga dalam negeri yang melanjutkan study nya di kampus ini.

Bulan puasa sepertinya kurang afdhol kalu tidak ada moment ngabuburit atau buka bersama (Bukber). Acara wajib ini akan selalu dinanti dibulan Ramdhan seperti ini, entah itu dilakukan bersama keluarga, teman dan lain-lain. Rutinitas berbuka tidak akan menarik jika dilakukan sendirian karena  kita sebagai mahluk social senang sekali berbagi dan berkelompok. Sehingga akhirnya berbuka bersama menjadi suatu kebutuhan.

Untuk para perantau baru, jika tahun sebelumnya kita terbiasa dengan takjil atau bukaan yang serba ada dan beraneka ragam, maka kali ini selamat mencoba kuliner khas Negara Libya ini. Ditahun kali ini kita para perantau masih harus merasakan ngabuburit dinegara orang dengan cita rasa dan budaya yang berbeda. Bukan hanya itu, ditahun ini dunia masih harus Ramadhan bersama Covid-19 yang belum mereda.

Nah, sore kali ini (Selasa, 4 Mei 2021) kami akan mengajak kalian semua untuk ngabuburit dan bukber virtual bersama kami di website KKMI Libya. Perlu diketahui istilah bukber atau ngabuburit itu tidak hanya di Negara kita aja loh.

Kali ini kampus kami Kuliyah Dakwah Islamiyah menggelar acara Bukber Akbar untuk menyantap, memanjakan dan memamerkan kepada kami semua para mahasiswa cita rasa serta adat warga Negara Libya ketika berbuka. Bukber Bukber Akbar ini menghadirkan stasiun TV untuk memeriahkan dan mengeksplor aktifitas persiapan bukber sampai berakhirnya. Tidak hanya itu kampus juga mengundang para dosen, para petinggi kampus, para pekerja dan lain sebagianya, sehingga acara terlihat acara terlihat mewah dan ramai.


Para panitia telihat sibuk dalam menyiapkan tempat dan takjil bukaan nanti. Terlihat meja-meja yang sederhana untuk para mahasiswa dan para pekerja,sedangkan tamu penghomatan akan di tempatkan di tempat yang khusus dan nyaman pastinya. Bukber kali ini bersifat out door sehingga kita dapat merasakan angin sore dan sunset Libya. Sungguh menakjubkan. Bukan hanya itu, berbagai macam manisan, roti dan nasi beserta lauk pauknya pun sangat menggoda mata.

Disetiap meja yang tersedia, makanan pembuka sebelum makan besar. Mereka menyediakan buah-buahan, manisan (kue-kue kecil), kurma, susu, air putih dan air soda. Lalu dilanjutkan oleh sholat magrib bersama, setelah sholat usai maka kami akan dimanjakan oleh nasi biryani khas Libya beserta lauk pauknya, lauk yang akan kami santap pun dapat memilih sesuai dengan selera masing-masing seperti; ikan, anak kambing, dan ayam. Dijamin perut sudah mulai membuncit. Setelah makan besar,maka mereka menyediakan makanan penutup yakni syurbah (sup daging atau sup kacang addas) dan roti-roti kecil seperti burik (semacam omelet telur) dan pizza.

Dan gak ketinggalan dong, setelah makan-makan pasti akan ada selfi-selfi atau foto bersama untuk mengabadikan moment satu tahun ini. Cukup sederhana, namun,  apapun itu tidak masalah  karna yang terpenting adalah kebersamaan didapat dan  terjalin erat. Yang jauh jadi saling mengenal. Yang dekat menjadi lebih akrab, itu point pentingnya. Soal disana cuma sekedar makan malam terus pulang itu tidak masalah, karena kehadiran kita adalah sebuah hadiah bagi yang mengundang.




Nah, beginilah ngabuburit dan bukber sederhana tahun kali ini, meskipun Ramadhan masih bersama Covid-19, akan selalu ada cerita dan moment yang mengesankan yang tak terlupakan. Terimakasih telah Ngabuburit dan Bukber virtual bersama Website KKMI Libya. Nantikan tulisan-tulisan kita berikutnya ya.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDAFTARAN | Program Beasiswa Islamic Call College, Libya | S1, S2, S3 | 2023

Assalamualaikum sobat Penutut Ilmu, gimana Kabarnya kalian, Semoga Selalu dalam Keadaan Sehat wal 'afiat dan Selalu Dalam Lindungan Allah Subhanahu wa Ta'ala Amin ya rabb Al- amin.  Alhamdulillah segala puji bagi Allah, setelah menunggu kurang lebih 3 - 6 Bulan Akhirnya atas izin Allah SWT. Pendaftaran Program Beasiswa Islamic Call College, Libya  resmi dibuka. Nah, bagi sobat Penutut Ilmu yang berminat untuk Melanjutkan Studi S1, S2, S3-nya di Negara yang dijuluki seribu Huffadz ini, bisa nih untuk Mendaftar kan diri. Berikut  Syarat - syarat yang harus dipenuhi  : PROGRAM SARJANA S1 PERSYARATAN  1. Sehat Jasmani dan Rohani 2. Usia 17 sampai 23 Tahun. 3. Melampirkan Berkas- berkas Yang Dibutuhkan 4. Dinyatakan lulus tes Penerimaan   5. Telah Lulus dari Jenjang SMA\SEDERAJAT Dengan nilai Minimal JAYYID JIDDAN  6. Mengisi formulir pendaftaran 7. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan umum 1 April 2023  6. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan agama Islam 20 April 2023  BE

Materi Marhala Dasar, Belajar Bahasa Arab KKMI Libya Via WhatsApp

الكَلَأمُ (    Al-kalam ) A.     تَعْرِيْفُ الكَلَامِ   ( Pengertian Kalam )             الكَلَام ( Kalam ) berasal dari Bahasa Arab, yaitu كَلَّمَ - يُكَلِّمُ   yang artinya berbicara. Sedangkan, kata الكَلَام artinya perkataan atau pembicaraan. Definisi Kalam menurut Ahli Nahwu النَحْوُ     adalah : الكَلاَمُ هُوَ اللَّفْـــظُ المُرَكَبُ المُفِيْدُ بِالوَضْـعِ Kalam adalah suatu perkataan yang tersusun yang memberikan faedah atau makna yang lengkap. Jadi, Kalam dalam Bahasa Arab   memiliki 4 syarat, yaitu : 1-       اللّفْظُ ( Al-lafzu ) yaitu suara ucapan kalimat atau perkataan. Contohnya : المَسْجِدُ   ( Masjid ) كِتَابُ   ( Kitab ) كُرَّاسَةٌ ( Buku tulis ) قَلَمٌ   ( Pena ) dan lain sebagainya. 2-       الْمُرَكَبُ ( Al-Murakabu ) yaitu yang tersusun, kalam yang kita ucapkan mesti tersusun dari dua kata atau tiga kata atau lebih dari itu. Contohnya : ذَهَبَ مُحَمَّدٌ إِلى المَدْرَسَة   ( Muhammad pergi ke sekolah ) مُحَمَّدٌ قَائِمٌ   ( Muhamma

𝐏𝐞𝐧𝐝𝐚𝐟𝐭𝐚𝐫𝐚𝐧 𝐈𝐧𝐭𝐞𝐫𝐧𝐚𝐭𝐢𝐨𝐧𝐚𝐥 𝐈𝐬𝐥𝐚𝐦𝐢𝐜 𝐂𝐚𝐥𝐥 𝐂𝐨𝐥𝐥𝐞𝐠𝐞 𝐋𝐢𝐛𝐲𝐚 𝐓𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐝𝐢𝐛𝐮𝐤𝐚 !

Bismillahirrahmanirrah Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatu Program Beasiswa Kampus Kuliah Dakwah Islamiyah di Tripoli Libya membuka penerimaan mahasiswa/i baru bagi para pelajar yang berkeinginan untuk melanjutkan studinya di jenjang perkuliahan S1 untuk tahun ajaran 2022-2023 Fakultas yang tersedia 1. Fakultas Dirosat Islamiyah - Jurusan Syari'ah Islamiyah - Jurusan Dakwah dan Peradaban 2. Fakultas Bahasa - Jurusan Sastra Arab 3. Fakultas Ilmu Umum - Jurusan Akutansi dan Perbankan - Jurusan Ekonomi - Jurusan Teknik Informatika - Jurusan Komputer *Diwajibkan kepada pendaftar beasiswa ini untuk membaca terlebih dahulu handbook pendaftaran dari kampus https://drive.google.com/drive/folders/1ptIhPfDHGfDPPZxRLunzMIRF79qGK5 Syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi pendaftar 1. Calon Mahasiswa/i memiliki ijazah SMA atau sederajat dengan hasil minimal -Sangat Baik- (جيد جدا) (rata-rata minimal 75) 2. Calon Mahasiswa/i memiliki Paspor minimal masih berlaku untuk 4 tahun kedepan 3. Um