Langsung ke konten utama

KHATAMAN AL- QUR'AN DAN BUKA BERSAMA KKMI LIBYA | 2023 | Ramadhan 1444 H

 


Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh. Ramadhan Kareem !!

  Hai guys apa kabarnya kalian hari ini ? Semoga kalian senantiasa dalam keadaan baik. oh iya Gimana puasa kalian semuanya tahun ini lancar, aman kan ya !?! Mimin berharap Allah SWT. selalu menjaga puasa kita dan diri kita dari berbagai halangan yg membuat batalnya puasa kita amin ya rabbal Alamin 🤲!!

 Guys disini Mimin mw ngasih tau bahwa KKMI Libya baru saja menyelenggarakan acara sebagai pengisi bulan suci Ramadhan yaitu khataman Alqur'an dan buka bersama atau klw disingkat jadi "BUKBER" nah, acara ini sudah lama dinantikan oleh para mahasiswa Indonesia nih, sampai gk sabarnya banyak yg bertanya sana bertanya sini. kira2 kapan sih acara ini akan diadakan !?! Mimin saja sampai gk bisa tidur karena memikirkannya, bercanda ya guys 😂.

setelah berjalan beberapa hari kita berpuasa akhirnya acara yg di Nanti nantikan oleh semua mahasiswa terwujud. Alhamdulillah atas izin Allah SWT. pada hari Sabtu, 8 April 2023 yg bertempat di lantai satu imaroh 205 tepat pukul 18.30 waktu Libya. mahasiswa Indonesia yg ada di Tripoli Libya sukses mengadakan khataman Alqur'an dan sekaligus buka bersama.


Gambar .1. antusias para mahasiswa menghadiri acara.


Acara dibuka pada pukul 18.30 oleh ustad Aminullah dan dilanjutkan dengan pembagian pembacaan ayat suci Alquran oleh ustad Reza. gimana caranya mengkhatamkan Al-Qur'an dengan sekali duduk!?!🤔

Nih biar Mimin kasih tahu ya cara mengkhatamkan Al-Qur'an dengan sekali duduk caranya adalah pada setiap 2 orang mahasiswa diberikan kesempatan membaca 1 juz Al-Qur'an dari pada jumlah mahasiswa Indonesia disini. dan Alhamdulillah Mimin dapat bagian akhir juz 25 jadi gak terlalu panjang panjang soalnya Mimin udah kelaparan benget 😁 gk kebayang deh klw dapet yg juz 1😱. 


Gambar 2.1

Gambar 2.1. 2.2. para mahasiswa sedang membaca ayat ayat Al- Qur'an.


Lalu setelah semua selesai membaca Al- Qur'an pukul 19.00 acara dilanjutkan dengan doa khatmil Al-Qur'an yg dipimpin oleh ustad Aliyuizz dan dilanjutkan dengan tausyiah menjelang berbuka yg diisi oleh ustad Ahmad. terlihat seluruh mahasiswa sangat antusias dalam mendengarkan tausyiah beliau. ada yg bertanya tanya gk sih apa sih isi tausyiah nya !?! 



Gambar 3.1


Gambar 3.1.3.2. para mahasiswa sedang berdoa khatmi Al-Qur'an.


Isi tausyiah nya berjudul "RIYA ATAU SOMBONG" riya' atau sombong ini adalah menunjukkan ibadah kita kepada orang lain dan ini merupakan suatu perasaan yg klw kita punya perasaan itu maka segala amal ibadah yang kita kerjakan saat itu akan tertolak dan sia sia hiiiii ngeri ya guys 😱😨😨. 

Rasulullah SAW. Bersabda :

إنَّ أخوف ما أخاف عليكم الشرك الأصغر. قالوا: وما الشرك الأصغر يا رسول الله؟ قال: الرياء 

"Sesungguhnya yang paling aku takutkan atas kalian adalah syirik kecil, yaitu riya’." (HR Ahmad).


Dari fudhoil bin iyyad

ترك العمل لأجل الناس رياء، والعمل لأجلهم الناس شرك)”؟)

 

Meninggal kan amal untuk manusia riya dan beramal untuk manusia syirik

semoga Allah SWT senantiasa menjauhkan kita dari sifat riya'ini ya guys, amin ya rabbal Alamin 🤲. oh iya dalam kesempatan ini juga ustad Ahmad memberikan doa nih, yg dapat menjauhkan kita dari sifat riya' ini nih doanya:

DOA DIJAUHKAN DARI SIFAT RIYA'

 اللهم إني أعوذ بك أَن أُشرك بك شيئًا وأنا أعلم، وأستغفرك لما لا أعلم

Artinya:

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari mempersekutukan sesuatu dengan-Mu padahal aku tahu, dan aku memohon ampunan-Mu atas apa yang tidak aku ketahui.

Gimana guys sudah tahu kan doanya !! Dihafalin ya, dan jangan lupa untuk diamalkan doanya. ingat !! doa adalah senjata nya orang-orang mu'min dan ilmu yg tidak diamalkan seperti pohon yang tidak berbuah alias tidak bermanfaat. apa mau ilmu kita tidak bermanfaat !?! Gak mau kan .



Gambar 4.1. ustad Ahmad sedang mengisi tausyiah menjelang berbuka.


Gambar 4. antusias para mahasiswa mendengar kan tausyiah menjelang berbuka.


Setelah acara tausyiah berlangsung acara dilanjutkan dengan pembagian makanan buka. ada yg penasaran gk, ada apa aja sih makanan nya !?!. Kamu nanya, kamu bertanya tanya !?😂. Iya deh Mimin kasih tau ya !!

Makanan buka kita pada acara bukber kali ini adalah diantaranya ada es buah yg ennjos banget!!!  klw kalian minum, sekali tegukan aja bisa bikin kita hanyut dalam sungai es buah. beku dong min !?!🥶😂 lalu ada kurma Libya dan jus kotakan, tidak ketinggalan ada bakwan, nah ini nih yg gk boleh ghoib disaat semua acara, kadang klw acara tanpa bakwan kyk makan tanpa lauk gk kebayang kan gimana rasanya !?!😂 bakwannya enak banget !! seakan menghilangkan rasa kerinduan ini akan Indonesia dan kampung halaman 🤭.




Gambar 5. Para mahasiswa sedang ngantri es buah.


Gambar 6. Para mahasiswa sedang meminum es buah sembari berbincang bincang.


Gambar.7.1

Gambar .7.1.7.2 para mahasiswa sedang menyantap makanan berbuka puasa.



Lalu untuk lauknya adalah rendang daging unta. iya daging unta, ini unta beneran ya guys 😂 yg rasanya Masya Allah buaanget- nget jadi terlupakan deh klw kita lagi berada di negeri orang 🤣🤣🤣 . tepat pada pukul 19.36 setelah adzan Maghrib berkumandang seluruh mahasiswa Indonesia langsung menyantap makanan nya masing-masing terlihat, semua mahasiswa sangat lahap dalam memakan makanan nya dan ini juga sebagai tanda ditutup nya acara. 

Acara khataman Alqur'an dan buka bersama tahun ini diadakan atas inisiatif dari presiden KKMI Libya nih, yaitu ustad Akmal, guna mempererat silaturrahim dengan anggota, dan menjaga keharmonisan antar sesama. dengan dibantu oleh segenap departemen-departemen KKMI Libya lainnya seperti departemen pendidikan sebagai selaku penanggung jawab jalannya acara, departemen kesejahteraan, dan departemen keputrian sebagai selaku pembuatan takjil, dan lauk untuk buka bersama, departemen kebersihan selaku penyiapan tempat acara, departemen jurnalistik selaku pempublikasi selama acara berlangsung dan tentu saja seluruh mahasiswa Indonesia yg membantu terwujudnya acara. 

Acara bukber tahun  ini, Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, tanpa ada halangan. Dan ini bukan saja tentang makan bersama, tapi juga khataman Alquran dalam rangka memperingati hari turunnya Al-Qur'an kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Tepat pada 17 Ramadhan. 

Maka ini jadi sebuah renungan kepada kami semua, seberapa banyak kah kami membaca dan mengamalkannya, mempraktekkannya ke seluruh aspek kehidupan. 

Maka harapannya, semoga dengan ini kita dapat kembali solid dan harmonis, dan Allah limpahkan kebaikan kepada kita dengan berkah kebersamaan yang telah kita rajut". Terang ustad Akmal selaku presiden KKMI Libya tahun ini.

Dan semoga tahun depan juga tetap di adakan acara seperti ini, sebagai sarana untuk menyatukan pikiran, saling mengingatkan antar sesama, juga banyak sekali manfaat yang kita dapatkan InsyaAllah. Lanjut beliau

Acara bukber tahun ini menghabiskan dana Sekitar 520 LYD atau setara dengan IDR 1.560.000 Untuk 75 Orang kurang lebih, dengan menu Rendang unta, sop buah, dan cemilan bakwan dan kurma. Dikutip dari Wawancara kami dengan beliau.

Masya Allah ya guys presiden kita ini. kita doakan semoga Allah SWT. senantiasa memberikan kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan tugas beliau sebagai presiden KKMI Libya, amin ya rabba Al-'Amin 🤲.


Gambar 8. Dari kanan wakil presiden (ustad Fikri) berjas hitam dan presiden KKMI Libya (ustad Akmal) Koko hitam menghadiri acara.


Oke guys cukup disini aja ya pembicaraan kita pada hari ini klw ada kesalahan dan khilaf Mimin minta maaf kepada antm -antm semua, dimaafin ya !!🤗. Semoga Allah SWT. senantiasa menjaga puasa kita, dan diri kita dari hal hal yg tidak kita ingin kan, dan juga mempertemukan kita dibulan Ramadhan yang akan datang, amin ya rabb Al-'Amin 🤲 cukup sekian dan terima kasih ya guys atas waktunya sampai jumpa di acara-acara selanjutnya !!🙌

 Billahi Taufiq wal hidayah wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh. Ramadhan Kareem !!!



Jgn lupa follow kita !!

Instagram:

https://www.instagram.com/kkmilibya/?hl=id

Facebook:

https://www.facebook.com/libyakkmi?mibextid=ZbWKwL

Twitter:

https://mobile.twitter.com/kkmilibya

YouTube:

https://youtube.com/@KKMILibya




Dep. Jurnalistik 2023

By. Muhammad Abdullah harokan



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDAFTARAN | Program Beasiswa Islamic Call College, Libya | S1, S2, S3 | 2023

Assalamualaikum sobat Penutut Ilmu, gimana Kabarnya kalian, Semoga Selalu dalam Keadaan Sehat wal 'afiat dan Selalu Dalam Lindungan Allah Subhanahu wa Ta'ala Amin ya rabb Al- amin.  Alhamdulillah segala puji bagi Allah, setelah menunggu kurang lebih 3 - 6 Bulan Akhirnya atas izin Allah SWT. Pendaftaran Program Beasiswa Islamic Call College, Libya  resmi dibuka. Nah, bagi sobat Penutut Ilmu yang berminat untuk Melanjutkan Studi S1, S2, S3-nya di Negara yang dijuluki seribu Huffadz ini, bisa nih untuk Mendaftar kan diri. Berikut  Syarat - syarat yang harus dipenuhi  : PROGRAM SARJANA S1 PERSYARATAN  1. Sehat Jasmani dan Rohani 2. Usia 17 sampai 23 Tahun. 3. Melampirkan Berkas- berkas Yang Dibutuhkan 4. Dinyatakan lulus tes Penerimaan   5. Telah Lulus dari Jenjang SMA\SEDERAJAT Dengan nilai Minimal JAYYID JIDDAN  6. Mengisi formulir pendaftaran 7. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan umum 1 April 2023  6. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan agama Islam 20 April 2023  BE

Materi Marhala Dasar, Belajar Bahasa Arab KKMI Libya Via WhatsApp

الكَلَأمُ (    Al-kalam ) A.     تَعْرِيْفُ الكَلَامِ   ( Pengertian Kalam )             الكَلَام ( Kalam ) berasal dari Bahasa Arab, yaitu كَلَّمَ - يُكَلِّمُ   yang artinya berbicara. Sedangkan, kata الكَلَام artinya perkataan atau pembicaraan. Definisi Kalam menurut Ahli Nahwu النَحْوُ     adalah : الكَلاَمُ هُوَ اللَّفْـــظُ المُرَكَبُ المُفِيْدُ بِالوَضْـعِ Kalam adalah suatu perkataan yang tersusun yang memberikan faedah atau makna yang lengkap. Jadi, Kalam dalam Bahasa Arab   memiliki 4 syarat, yaitu : 1-       اللّفْظُ ( Al-lafzu ) yaitu suara ucapan kalimat atau perkataan. Contohnya : المَسْجِدُ   ( Masjid ) كِتَابُ   ( Kitab ) كُرَّاسَةٌ ( Buku tulis ) قَلَمٌ   ( Pena ) dan lain sebagainya. 2-       الْمُرَكَبُ ( Al-Murakabu ) yaitu yang tersusun, kalam yang kita ucapkan mesti tersusun dari dua kata atau tiga kata atau lebih dari itu. Contohnya : ذَهَبَ مُحَمَّدٌ إِلى المَدْرَسَة   ( Muhammad pergi ke sekolah ) مُحَمَّدٌ قَائِمٌ   ( Muhamma

𝐏𝐞𝐧𝐝𝐚𝐟𝐭𝐚𝐫𝐚𝐧 𝐈𝐧𝐭𝐞𝐫𝐧𝐚𝐭𝐢𝐨𝐧𝐚𝐥 𝐈𝐬𝐥𝐚𝐦𝐢𝐜 𝐂𝐚𝐥𝐥 𝐂𝐨𝐥𝐥𝐞𝐠𝐞 𝐋𝐢𝐛𝐲𝐚 𝐓𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐝𝐢𝐛𝐮𝐤𝐚 !

Bismillahirrahmanirrah Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatu Program Beasiswa Kampus Kuliah Dakwah Islamiyah di Tripoli Libya membuka penerimaan mahasiswa/i baru bagi para pelajar yang berkeinginan untuk melanjutkan studinya di jenjang perkuliahan S1 untuk tahun ajaran 2022-2023 Fakultas yang tersedia 1. Fakultas Dirosat Islamiyah - Jurusan Syari'ah Islamiyah - Jurusan Dakwah dan Peradaban 2. Fakultas Bahasa - Jurusan Sastra Arab 3. Fakultas Ilmu Umum - Jurusan Akutansi dan Perbankan - Jurusan Ekonomi - Jurusan Teknik Informatika - Jurusan Komputer *Diwajibkan kepada pendaftar beasiswa ini untuk membaca terlebih dahulu handbook pendaftaran dari kampus https://drive.google.com/drive/folders/1ptIhPfDHGfDPPZxRLunzMIRF79qGK5 Syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi pendaftar 1. Calon Mahasiswa/i memiliki ijazah SMA atau sederajat dengan hasil minimal -Sangat Baik- (جيد جدا) (rata-rata minimal 75) 2. Calon Mahasiswa/i memiliki Paspor minimal masih berlaku untuk 4 tahun kedepan 3. Um