Langsung ke konten utama

MENGENAL SANG MUJADID by Yayang Lestari

 MENGENAL SANG MUJADID

 Badiuzzaman Said Nursi adalah seorang tokoh yang dilahirkan di desa yang bernama Nurs, wilayah Bitlis Anatolia Timur. Pada tahun 1290H/1877M beliau lahir di desa tersebut. Keluarganya berasal dari suku Kurdi. Ayahnya bernama Mirza dan ibunya bernama Nuriye atau lebih tepatnya Nure atau Nura. Ia merupakan anak ke empat dari tujuh bersaudara. Beliau terlahir dengan keluarga yang sangat memperhatikan pendidikan dan sangat menjunjung tinggi terhadap syariat islam.

 Ketika umur beliau sembilan tahun. Beliau memulai studinya dengan mempelajari Al-Qur’an bersama kakaknya, Molla Abdullah dengan teladan dari kakaknya lah yang memicu beliau untuk mengikuti kakaknya belajar di madrasah Muhammad Efendi di desa Tag, dekat Isparta. kemudian tak lama setelah dari situ beliau melanjutakan perjalanan studinya ke beberapa madrasah seperti Madrasah Emin Efandi, Madrasah Mir Hasan Wali di Mukus, hingga beliau pergi ke Vaston Dekan Van. kemudian berlanjut ke Beyazid, Bitlis, Sirvan dan kota Sirt. 

 “Badiuzaman” adalah julukan yang disematkan gurunya untuknya, berkat kecerdasan yang dimilikinya dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari gurunya, ialah Fethullah Efendi yang tak lain tak bukan adalah gurunya. Dengan mengujinya menggunakan kitab Al-Jami’ dan Al-Maqomat Al-Haririyah kemudian ia menghafal satu halaman dan mengulanginya tanpa membaca. Hal inilah yang membuat imam Fethullah Efendi kagum dan memberikan sebutan sebagai “Badiuzaman” atau keajabian zaman.

 Beliau juga termasuk ke dalam mujadid yang banyak memberikan sumbangsih karya-karya hebat. Karya yang sangat fenomenal adalah “Risalah Nur” beliau menulis karya ini ketika beliau sudah menggeluti dunia perdakwahan dengan dibantu muridnya beliau mendiktekan Risalah Nur kemudian muridnya yang menuliskannya. Hingga ketika sudah menjadi sebuah naskah, beliau pun mengoreksinya satu per satu. Risalah Nur adalah KITAB Tafsir Al-Qur’an yang memuat 6000 halaman.

Beliau wafat di daerah bernama Urfa pada tahun 1379 hijriah. Pemakamannya dilaksanakan pada hari jum’at di Halilurrohman Dergah. Kemudian pada dua tahun setelahnya makamnya dibongkar dan dipindahkan ke tempat yang tidak diketahui atas perintah dari Junita Militer. 



 Salah satu kata-kata motivasi dari Syeikh Badiuzaman Said Nursi adalah “ Hal yang paling layak untuk dicintai adalah cinta itu sendiri dan hal yang paling layak untuk dibenci adalah kebencian itu sendiri”. 


REFERENSI :

Biografi Intelektual Badiuzzaman Said Nursi oleh Sukran Vahide 




Loving Everlasting 

DEP.MENFO 2023/2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDAFTARAN | Program Beasiswa Islamic Call College, Libya | S1, S2, S3 | 2023

Assalamualaikum sobat Penutut Ilmu, gimana Kabarnya kalian, Semoga Selalu dalam Keadaan Sehat wal 'afiat dan Selalu Dalam Lindungan Allah Subhanahu wa Ta'ala Amin ya rabb Al- amin.  Alhamdulillah segala puji bagi Allah, setelah menunggu kurang lebih 3 - 6 Bulan Akhirnya atas izin Allah SWT. Pendaftaran Program Beasiswa Islamic Call College, Libya  resmi dibuka. Nah, bagi sobat Penutut Ilmu yang berminat untuk Melanjutkan Studi S1, S2, S3-nya di Negara yang dijuluki seribu Huffadz ini, bisa nih untuk Mendaftar kan diri. Berikut  Syarat - syarat yang harus dipenuhi  : PROGRAM SARJANA S1 PERSYARATAN  1. Sehat Jasmani dan Rohani 2. Usia 17 sampai 23 Tahun. 3. Melampirkan Berkas- berkas Yang Dibutuhkan 4. Dinyatakan lulus tes Penerimaan   5. Telah Lulus dari Jenjang SMA\SEDERAJAT Dengan nilai Minimal JAYYID JIDDAN  6. Mengisi formulir pendaftaran 7. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan umum 1 April 2023  6. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan agama Islam 20 April 2023  BE

Materi Marhala Dasar, Belajar Bahasa Arab KKMI Libya Via WhatsApp

الكَلَأمُ (    Al-kalam ) A.     تَعْرِيْفُ الكَلَامِ   ( Pengertian Kalam )             الكَلَام ( Kalam ) berasal dari Bahasa Arab, yaitu كَلَّمَ - يُكَلِّمُ   yang artinya berbicara. Sedangkan, kata الكَلَام artinya perkataan atau pembicaraan. Definisi Kalam menurut Ahli Nahwu النَحْوُ     adalah : الكَلاَمُ هُوَ اللَّفْـــظُ المُرَكَبُ المُفِيْدُ بِالوَضْـعِ Kalam adalah suatu perkataan yang tersusun yang memberikan faedah atau makna yang lengkap. Jadi, Kalam dalam Bahasa Arab   memiliki 4 syarat, yaitu : 1-       اللّفْظُ ( Al-lafzu ) yaitu suara ucapan kalimat atau perkataan. Contohnya : المَسْجِدُ   ( Masjid ) كِتَابُ   ( Kitab ) كُرَّاسَةٌ ( Buku tulis ) قَلَمٌ   ( Pena ) dan lain sebagainya. 2-       الْمُرَكَبُ ( Al-Murakabu ) yaitu yang tersusun, kalam yang kita ucapkan mesti tersusun dari dua kata atau tiga kata atau lebih dari itu. Contohnya : ذَهَبَ مُحَمَّدٌ إِلى المَدْرَسَة   ( Muhammad pergi ke sekolah ) مُحَمَّدٌ قَائِمٌ   ( Muhamma

𝐏𝐞𝐧𝐝𝐚𝐟𝐭𝐚𝐫𝐚𝐧 𝐈𝐧𝐭𝐞𝐫𝐧𝐚𝐭𝐢𝐨𝐧𝐚𝐥 𝐈𝐬𝐥𝐚𝐦𝐢𝐜 𝐂𝐚𝐥𝐥 𝐂𝐨𝐥𝐥𝐞𝐠𝐞 𝐋𝐢𝐛𝐲𝐚 𝐓𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐝𝐢𝐛𝐮𝐤𝐚 !

Bismillahirrahmanirrah Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatu Program Beasiswa Kampus Kuliah Dakwah Islamiyah di Tripoli Libya membuka penerimaan mahasiswa/i baru bagi para pelajar yang berkeinginan untuk melanjutkan studinya di jenjang perkuliahan S1 untuk tahun ajaran 2022-2023 Fakultas yang tersedia 1. Fakultas Dirosat Islamiyah - Jurusan Syari'ah Islamiyah - Jurusan Dakwah dan Peradaban 2. Fakultas Bahasa - Jurusan Sastra Arab 3. Fakultas Ilmu Umum - Jurusan Akutansi dan Perbankan - Jurusan Ekonomi - Jurusan Teknik Informatika - Jurusan Komputer *Diwajibkan kepada pendaftar beasiswa ini untuk membaca terlebih dahulu handbook pendaftaran dari kampus https://drive.google.com/drive/folders/1ptIhPfDHGfDPPZxRLunzMIRF79qGK5 Syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi pendaftar 1. Calon Mahasiswa/i memiliki ijazah SMA atau sederajat dengan hasil minimal -Sangat Baik- (جيد جدا) (rata-rata minimal 75) 2. Calon Mahasiswa/i memiliki Paspor minimal masih berlaku untuk 4 tahun kedepan 3. Um