Langsung ke konten utama

SEKILAS FAKTA TENTANG LIBYA | DEP. MENFO 2023/2024




 SEKILAS FAKTA TENTANG LIBYA.

salam sobat bahee…. ☺

yukk, sholawat dulu…

allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ‘ala alihi wasohbihi ajmain.


Cuss, langsung aja kita mengenal negara Libya sebagai tempat belajar sobat KKMI. 

Libya adalah salah satu negara yang terletak di benua Afrika tepatnya di bagian utara dan berbatasan langsung dengan Mesir, Sudan, Tunisia, Aljazair, Chad, Niger serta sebelah utara berupa Laut Mediterania. Berikut beberapa fakta tentang Libya.

Sejarah Libya 

 Nama “Libya” sendiri berasal dari bahasa mesir kuno yang berarti “lebu” sebutan untuk suku berber yang tinggal di sebelah barat sungai nil dan diadopsi oleh bahasa yunani dengan “Libya”. Pada zaman yunani kuno istilah ini memiliki arti yang lebih luas yang mencakup seluruh Afrika Utara sebelah barat Mesir dan terkadang ditunjukan untuk seluruh benua Afrika. Penduduk asli Libya adalah arab berber yaitu percampuran antara suku arab dan suku berbe).

Libya juga masuk dalam wilayah pemerintahan Romawi kuno dan itu dapat dibuktikan dengan berbagai arkeologi peninggalan sejarah yang terletak di Libya seperti Sabratha atau Leptis Magna, sehingga keduanya termasuk situs yang dilindungi Unesco. Sebelum islam yang dibawa oleh Amr Bin Ash masuk Libya masyarakat disini memeluk agama nenek moyang mereka. Berkat penaklukan yang dilakukannya masuklah pula islam di tanah Libya setelah negeri kinanah, Mesir.  

Julukan Negeri Sejuta Hufadz

Mayoritas masyarakat Libya beragama islam, disamping itu Libya kerap kali disebut dengan “negeri sejuta huffadz” dikarenakan banyaknya penghafal al-quran, sehingga tak jarang ditemukan setiap keluarga di Libya pastilah terdapat penghafal al-quran. Dengan banyaknya penghafal al-quran ini yang menjadikan Libya salah satu negara tujuan pelajar indonesia untuk belajar dan mendalami al-qur’an serta ilmu-ilmu agama yang lain. Disini ada dua universitas yang telah terdapat mahasiswa/i dari indonesia adalah Kulliyyah Da’wah Al-Islamiyah yang berada di Tripoli dan universitas Asmarya yang ada di Zliten.

Negara Penghasil Minyak Bumi

Sumber daya alam yang terkenal dari negara Libya adalah minyak bumi dan gas sehingga keduanya menjadi penghasilan utama dari negara ini. Libya juga mengekspor minyak hingga ke sebagian wilayah Eropa. Tak heran, jika minyak bumi disini lebih murah dibandingkan dengan air. Dengan banyaknya sumber minyak bumi ini, Libya menjadi salah satu negara yang masuk kedalam anggota OPEC ( Organization of the Petroleum Exporting Countries) yang berarti Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak di dunia. 

Budaya Yang Menarik.

Dengan adanya percampuran antara Arab Berber, Turki dan Muslim akhirnya mennghasilkan sebuah kebudayaan Libya, disamping itu kependudukan Libya oleh Italia selama tiga dekade menyebabkan budaya Libya dipengaruhi oleh budaya Italia. 

Beberapa contoh kebudayaan Libya seperti ketika dalam pernikahan, mempelai wanita memakai pakaian adat Libya yang bernama Al-Jilwa yaitu pakaian yang digunakan setelah bersembunyi selama seminggu sebelum upacara hari pernikahan. Ada juga salah satu kuliner Libya, bentuknya mirip bakso tapi rasanya jelas berbeda namanya adalah Bazin, makanan ini sering dimakan ketika musim dingin, karena berfungsi untuk mengahangatkan tubuh. Selain Bazin ada banyak kuliner atau masakan Libya yang lainya seperti Al-Basisah, Baklawa, Sfenz, Syuksyukah, Muhalabiyah, dan masih banyak lagi. Selain kuliner, terdapat alat musik tradisional seperti Dangah, Kasbah, Bandeer atau rebana dan masih banyak lagi. Jadi Jika sobat sudah sampai Libya jangan lupa dicicipi kulinernya satu persatu, hehehe…. 


Itulah sekilas fakta menarik tentang Libya, semoga dapat menambah wawasan baru bagi sobat-sobat pembaca.



LovingEverlasting

DEP.

MENFO 2023/2024




Komentar

Nusroh alanshary mengatakan…
مَاشَآءَاللّٰه

Postingan populer dari blog ini

PENDAFTARAN | Program Beasiswa Islamic Call College, Libya | S1, S2, S3 | 2023

Assalamualaikum sobat Penutut Ilmu, gimana Kabarnya kalian, Semoga Selalu dalam Keadaan Sehat wal 'afiat dan Selalu Dalam Lindungan Allah Subhanahu wa Ta'ala Amin ya rabb Al- amin.  Alhamdulillah segala puji bagi Allah, setelah menunggu kurang lebih 3 - 6 Bulan Akhirnya atas izin Allah SWT. Pendaftaran Program Beasiswa Islamic Call College, Libya  resmi dibuka. Nah, bagi sobat Penutut Ilmu yang berminat untuk Melanjutkan Studi S1, S2, S3-nya di Negara yang dijuluki seribu Huffadz ini, bisa nih untuk Mendaftar kan diri. Berikut  Syarat - syarat yang harus dipenuhi  : PROGRAM SARJANA S1 PERSYARATAN  1. Sehat Jasmani dan Rohani 2. Usia 17 sampai 23 Tahun. 3. Melampirkan Berkas- berkas Yang Dibutuhkan 4. Dinyatakan lulus tes Penerimaan   5. Telah Lulus dari Jenjang SMA\SEDERAJAT Dengan nilai Minimal JAYYID JIDDAN  6. Mengisi formulir pendaftaran 7. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan umum 1 April 2023  6. Terakhir Pengumpulan Berkas untuk jurusan agama Islam 20 April 2023  BE

Materi Marhala Dasar, Belajar Bahasa Arab KKMI Libya Via WhatsApp

الكَلَأمُ (    Al-kalam ) A.     تَعْرِيْفُ الكَلَامِ   ( Pengertian Kalam )             الكَلَام ( Kalam ) berasal dari Bahasa Arab, yaitu كَلَّمَ - يُكَلِّمُ   yang artinya berbicara. Sedangkan, kata الكَلَام artinya perkataan atau pembicaraan. Definisi Kalam menurut Ahli Nahwu النَحْوُ     adalah : الكَلاَمُ هُوَ اللَّفْـــظُ المُرَكَبُ المُفِيْدُ بِالوَضْـعِ Kalam adalah suatu perkataan yang tersusun yang memberikan faedah atau makna yang lengkap. Jadi, Kalam dalam Bahasa Arab   memiliki 4 syarat, yaitu : 1-       اللّفْظُ ( Al-lafzu ) yaitu suara ucapan kalimat atau perkataan. Contohnya : المَسْجِدُ   ( Masjid ) كِتَابُ   ( Kitab ) كُرَّاسَةٌ ( Buku tulis ) قَلَمٌ   ( Pena ) dan lain sebagainya. 2-       الْمُرَكَبُ ( Al-Murakabu ) yaitu yang tersusun, kalam yang kita ucapkan mesti tersusun dari dua kata atau tiga kata atau lebih dari itu. Contohnya : ذَهَبَ مُحَمَّدٌ إِلى المَدْرَسَة   ( Muhammad pergi ke sekolah ) مُحَمَّدٌ قَائِمٌ   ( Muhamma

𝐏𝐞𝐧𝐝𝐚𝐟𝐭𝐚𝐫𝐚𝐧 𝐈𝐧𝐭𝐞𝐫𝐧𝐚𝐭𝐢𝐨𝐧𝐚𝐥 𝐈𝐬𝐥𝐚𝐦𝐢𝐜 𝐂𝐚𝐥𝐥 𝐂𝐨𝐥𝐥𝐞𝐠𝐞 𝐋𝐢𝐛𝐲𝐚 𝐓𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐝𝐢𝐛𝐮𝐤𝐚 !

Bismillahirrahmanirrah Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatu Program Beasiswa Kampus Kuliah Dakwah Islamiyah di Tripoli Libya membuka penerimaan mahasiswa/i baru bagi para pelajar yang berkeinginan untuk melanjutkan studinya di jenjang perkuliahan S1 untuk tahun ajaran 2022-2023 Fakultas yang tersedia 1. Fakultas Dirosat Islamiyah - Jurusan Syari'ah Islamiyah - Jurusan Dakwah dan Peradaban 2. Fakultas Bahasa - Jurusan Sastra Arab 3. Fakultas Ilmu Umum - Jurusan Akutansi dan Perbankan - Jurusan Ekonomi - Jurusan Teknik Informatika - Jurusan Komputer *Diwajibkan kepada pendaftar beasiswa ini untuk membaca terlebih dahulu handbook pendaftaran dari kampus https://drive.google.com/drive/folders/1ptIhPfDHGfDPPZxRLunzMIRF79qGK5 Syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi pendaftar 1. Calon Mahasiswa/i memiliki ijazah SMA atau sederajat dengan hasil minimal -Sangat Baik- (جيد جدا) (rata-rata minimal 75) 2. Calon Mahasiswa/i memiliki Paspor minimal masih berlaku untuk 4 tahun kedepan 3. Um